Simatupang, Meiliza (2024) Analisis Kemampuan Membuat Pola Kemeja Pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Pencawan Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183343020_Cover.pdf
Download (150kB)
5183343020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (647kB)
5183343020_Kata_Pengantar.pdf
Download (134kB)
5183343020_Abstrak.pdf
Download (123kB)
5183343020_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
5183343020_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
5183343020_Daftar_Gambar.pdf
Download (65kB)
5183343020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
5183343020_BAB_I.pdf
Download (232kB)
5183343020_BAB_V.pdf
Download (34kB)
5183343020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (91kB)
Abstract
Pembuatan pola kemeja sistem M.H.Wancik pada siswa kelas X SMK Swasta Pencawan Medan mengalami kendala-kendala siswa tidak teliti dalam perhitungan rumus pola kemeja dengan sistem M.H.Wancik, penarikan garis sudut pada bagian kerah kemeja yang tidak rapi, tarik garis lengkung pada lingkar kerung lengan kemeja yang tidak rapi, dan siswa tidak mampu dalam membuat tanda-tanda pola pada pola kemeja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembuatan pola kemeja dengan sistem M. H. Wancik oleh siswa kelas X Tata Busana SMK Swasta Pencawan Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Swasta Pencawan Medan tahun ajaran
2022/2023. Teknik Total Sampling dengan jumlah 30 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan tentang pembuatan pola kemeja sistem M.H.Wancik dengan 3 observer terdiri atas 29 indikator. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menilai hasil produk siswa dengan menggunakan lembar pengamatan yang telah dibuat kemudian dianalisis dengan rumus analisis varians (ANOVA) Berdasarkan uji kesepakatan pengamat menggunakan Anava satu jalur
dengan taraf signifikasi 5% (0,05) dan DK = 2:87. Maka diperoleh F tabel = 3,10. Sehingga Fhitung < Ftabel (0,05< 3,10). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang besar diantara ketiga pengamat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 46,7% atau 14 orang siswa dengan kategori “tinggi”, sebesar 30% atau 9 orang siswa dengan kategori “cukup”, sebanyak 13,3% atau 4 orang
siswa mendapat skor dengan kategori “sangat tinggi”, sedangkan sisanya atau 10% siswa dengan kategori “rendah”. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Siswa kelas X SMK swasta Pencawan Medan perlu meningkatkan pengetahuan dalam hal pembuatan pola kemeja dengan teknik M.H. Wancik terutama dalam pembuatan pola lengan, keluwesan garis lengan, dan ketepatan ukuran pola pada tiap-tiap bagian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan; Pola kemeja; Sistem pola M.H. Wancik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:41 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55765 |