Hutagalung, Christiani (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DALAM PEMBELAJARAN MUSIK DI SMAK CAHAYA NEGERI SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173142004 COVER.pdf
Download (59kB)
2. NIM 2173142004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 2173142004 ABSTRACT.pdf
Download (34kB)
4. NIM 2173142004 PREFACE.pdf
Download (123kB)
5. NIM 2173142004 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (62kB)
6. NIM 2173142004 LIST OF IMAGES.pdf
Download (32kB)
7. NIM 2173142004 LIST OF TABLES.pdf
Download (31kB)
8. NIM 2173142004 CHAPTER I.pdf
Download (388kB)
12. NIM 2173142004 CHAPTER V.pdf
Download (134kB)
13. NIM 2173142004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (201kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam pembelajaran musik di kelas X IPA SMAK Cahaya Negeri Sidikalang. 2) Untuk mengetahuiapakah media pembelajaran berbasis Buku Sekolah Elektronik (BSE) dapat membantu aktivitas siswa dalam pembelajaran musik di kelas X IPA SMAK Cahaya Negeri Sidikalang. 3) Untuk mengetahu apa saja sarana dan prasarana yang mendukung media pembelajaran berbasis BSE di kelas X IPA SMAK Cahaya Negeri Sidikalang.Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori media
pembelajaran, teori buku sekolah elektronik (BSE), teori pembelajaran musik,teori aktivitas belajar siswa dan teori sarana dan prasarana pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yaitu 1 guru seni budaya dan 5 siswa kelas X IPA.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dengan
menggunakan buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pembelajaran Guru dan siswa dapat lebih mudah mendapatkan bahan ajar, proses belajar mengajar menjadi lebih lancar dan menciptakan sumber daya manusia yang lebih maju,
dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya dan kemungkinan siswa untuk belajar individu sesuai dengan kemampuan dan minatnya. 2) Media pembelajaran buku sekolah elektronik (BSE)dapat membantu aktivitas siswa dalam mengamati, menumbuhkan keberanian dalam berpendapat, dan dalam berdiskusi. 3) Sarana dan prasarana yang disediakan sekolah cukup baik dan lengkap, guna mendukung proses pembelajaran dikelas khususnya pembelajaran musiki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemanfaatan; Media pembelajaran; Buku Sekolah Elektronik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:17 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55755 |