Harahap, Haziratul Qudsyih (2024) Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pembuatan Hiasan Busana Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192143001_Cover.pdf
Download (68kB)
5192143001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (622kB)
5192143001_Kata_Pengantar.pdf
Download (111kB)
5192143001_Abstrak.pdf
Download (63kB)
5192143001_Daftar_Isi.pdf
Download (154kB)
5192143001_Daftar_Tabel.pdf
Download (126kB)
5192143001_Daftar_Gambar.pdf
Download (152kB)
5192143001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (152kB)
5192143001_BAB_I.pdf
Download (366kB)
5192143001_BAB_V.pdf
Download (61kB)
5192143001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
Abstract
Pada penelitian ini terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran dimana siswa sepenuhnya belum terlihat aktif dalam proses pembelajaran dan siswa belum melampaui kompetensi pada mata pelajaran pembuatan hiasan busana materi pembuatan sulaman fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran pembuatan hiasan busana pada materi pembuatan sulaman
fantasi menggunakan media video siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. (2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran pembuatan hiasan busana pada materi pembuatan sulaman fantasi menggunakan media power point siswa kelas XI
Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. (3) untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar mata pelajaran pembuatan hiasan busana pada materi pembuatan sulaman fantasi siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak (random sampling). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 2 kelas dan 60 siswa yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat sulaman fantasi. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakan teknik analisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran pembuatan hiasan busana busana kelas eksperimen yaitu (94,7) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu (83,6). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (8,34 > 1,68). Maka Ho ditolak dan Ha diterima
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar mata pelajaran pembuatan hiasan busana siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media video; Power point; membuat sulaman fantasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:11 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55754 |