PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMA NEGERI 11 MEDAN

Simbolon, Christian MD (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193121031_Cover.pdf] Text
4193121031_Cover.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4193121031_Abstrak.pdf] Text
4193121031_Abstrak.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 4193121031_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121031_Kata_Pengantar.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4193121031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4193121031_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121031_Daftar_Isi.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 4193121031_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121031_Daftar_Tabel.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4193121031_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121031_Daftar_Gambar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4193121031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4193121031_BAB_I.pdf] Text
4193121031_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193121031_BAB_V.pdf] Text
4193121031_BAB_V.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 4193121031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193121031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika siSwa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment design dengan bentuk desain nonequivalent control group design dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini terdisi dari 7 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes essay sebanyak 10 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan postest di kelas eksperimen masing-masing adalah 28.50 dan 76,33 sedangkan nilai rata-rata pretest dan postest di kelas kontrol masing-masing adalah 28,26 dan 66,50. Analisis data menggunakan ujit diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika siSwa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem based learning; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Apr 2024 01:22
Last Modified: 28 Apr 2024 01:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55729

Actions (login required)

View Item
View Item