Purba, Chrisman Ananta Saputra (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121017_Cover.pdf
Download (61kB)
4191121017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (579kB)
4191121017_Abstrak.pdf
Download (277kB)
4191121017_Kata_Pengantar.pdf
Download (250kB)
4191121017_Daftar_Isi.pdf
Download (157kB)
4191121017_Daftar_Tabel.pdf
Download (97kB)
4191121017_Daftar_Gambar.pdf
Download (136kB)
4191121017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (97kB)
4191121017_BAB_I.pdf
Download (748kB)
4191121017_BAB_V.pdf
Download (210kB)
4191121017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning berbasis STEM dan model pembelajaran konvensional, demikian juga pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group petests-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIA SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas yang diambil yaitu XI MIA A sebagai kelas eksperimen dan XI MIA B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay sebanyak 10 butir soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 16,08 dan hasil pretest kelas kontrol 14,51. Hasil pengujian hipotesis diperoleh �ℎ����� < ������ yaitu 1,08 < 1,96 pada taraf signifikan � = 0,05 dan dk = 60, dinyatakan �� diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah menerapkan model pembelajaran project based learning berbasisi STEM, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 75,03 dan kelas kontrol sebesar 67,03. Hasil pengujian hipotesis �ℎ����� >
������ yaitu 3,44 > 1,96 pada taraf signifikansi � = 0,05 dan dk = 60, dinyatakan bahwa �� diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learberbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; STEM; Pembelajaran Konvensional; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Apr 2024 01:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2024 01:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55727 |