Septina, Alrita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Case Method Terhadap Hasil Belajar Desain Busana Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182143013_Cover.pdf
Download (271kB)
5182143013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (834kB)
5182143013_Kata_Pengantar.pdf
Download (420kB)
5182143013_Abstrak.pdf
Download (400kB)
5182143013_Daftar_Isi.pdf
Download (308kB)
5182143013_Daftar_Tabel.pdf
Download (370kB)
5182143013_Daftar_Gambar.pdf
Download (398kB)
5182143013_BAB_I.pdf
Download (748kB)
5182143013_BAB_V.pdf
Download (423kB)
5182143013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (308kB)
Abstract
Pada penelitian ini terdapat permasalahan dalam pembelajaran dimana siswa belum sepenuhnya terlibat aktif dalam proses pembelajaran desain busana materi bagian – bagian busana. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Case Method terhadap hasil belajar desain busana pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Case Method pada pelajaran desain busana siswa kelas XI Tata
Busana SMK Negeri 1 Beringin. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Method dengan hasil belajar pelajaran desain busana kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Tata Busana Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Beringin. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 72 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen 36 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian
menggunakan random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen tes multiple choise. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliofors, setelah itu dilakukan uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa pada
mata pelajaran desain busana kelas eskperimen yaitu (78,11) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu (66,22). Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung 4,69 > ttabel 1,66 = 4,69 >1,66. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Case Method terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Busana siswa kelas XI Tata Busana Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Beringin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Model Pembelajaran; Case Method; Desain Busana |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:31 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55708 |