Siregar, Vinka Anisah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Focusky Terhadap Hasil Praktik Salad Indonesia SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193142011_Cover.pdf
Download (135kB)
5193142011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (547kB)
5193142011_Kata_Pengantar.pdf
Download (97kB)
5193142011_Abstrak.pdf
Download (178kB)
5193142011_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
5193142011_Daftar_Tabel.pdf
Download (80kB)
5193142011_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
5193142011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (109kB)
5193142011_BAB_I.pdf
Download (255kB)
5193142011_BAB_V.pdf
Download (105kB)
5193142011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (108kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil praktik siswa pada pembuatan salad Indonesia yang menggunakan media pembelajaran berbasis focusky. 2) Hasil praktik siswa pada pembuatan salad Indonesia yang menggunakan media power point. 3) Pengaruh media focusky terhadap hasil praktik salad Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Beringin T.A 2023/2024. Waktu penelitian Agustus-November 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Boga dengan jumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel
yaitu menggunakan nomogram harry king. Sampel pada penelitian ini adalah 17 siswa dari kelas XI Tata Boga 1 sebagai kelas kontrol dan 18 siswa dari kelas XI Tata Boga 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan hasil praktik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji
normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil praktik siswa materi salad Indonesia yang menggunakan media focusky termasuk dalam
kategori tinggi sebesar 100 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa materi salad Indonesia menggunakan media power point termasuk dalam kategori cukup sebesar 70,58%. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan pada penggunaan media focusky terhadap hasil praktik siswa pada materi salad Indonesia SMK Negeri 1 Beringin dengan nilai thitung > ttabel (15,96 > 1,68) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media focusky berpengaruh terhadap hasil praktik siswa materi salad Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Focusky; Media Power Point; Hasil Belajar Salad Indonesia |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:03 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55701 |