PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN

Sianipar NIM 4193111088, Bintang Tabita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111088_Cover.pdf] Text
4193111088_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193111088_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111088_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 4193111088_Abstrak.pdf] Text
4193111088_Abstrak.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4193111088_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111088_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111088_Daftar_Isi.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111088_Daftar_Gambar.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111088_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111088_Daftar_Lampiran.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_I.pdf] Text
4193111088_BAB_I.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 4193111088_BAB_V.pdf] Text
4193111088_BAB_V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4193111088_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111088_Daftar_Pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatankemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-F SMP Negeri 6 Medanmelalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebrapada materi Bangun ruang sisi datar. “Penelitin ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakaan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus sebanyak 2pertemuan. Sebanyak 31 siswa dari kelas VIII-F dilibatkan dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil tes observasi, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan
masalah kelas adalah 30,64 dan adapun jumlah siswa yang tuntas adalah 3 dari 31(9,67%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 28 dari 31 (90,32%) maka dalamhal ini tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong sangat
rendah dan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Setelah dilakukan tindakanpada siklus I, didapatkan nilai rata- rata kemampuan pemecahan masalah kelas 70,29dengan kategori sedang. Adapun 23 dari 31 (74,19%) siswa sudah tuntas dalam
pemecahan masalah, sedangkan sebanyak 8 dari 31 (25,8%) siswa belum tuntas.Kemampuan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I dalam kategori baik sebesar2,7. Selain itu, 27 dari 31 siswa (87,09%) mencapai ketuntasan setelah melaksanakan
tindakan siklus II, sedangkan 4 dari 31 siswa (12,91%) tidak tuntas. Nilai rata-ratakemampuan pemecahan masalah pada siklus II meningkat dari sebelumnya yaitu 83,01kategori tinggi. Kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh skor 3,06
dengan kategori baik. Oleh karena itu, dapat dikatakan lebih dari 85% siswamenyelesaikan masalah dengan tuntas di kelas ini”. Setiap siklus menunjukkanpenurunan jumlah masalah yang terjadi, dan kemampuan siswa untuk memecahkanmasalah matematika meningkat. Dengan kata lain, model pembelajaran berbasis
masalah yang didukung oleh Geogebra dapat menjadi salah satu solusi yang dapatmembantu memperbaiki proses pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemecahan masalah; Geogebra; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:09
Last Modified: 26 Apr 2024 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55700

Actions (login required)

View Item
View Item