Ramadani, Fitri (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Praktik Puff Pastry Pada Siswa di SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193342020_Cover.pdf
Download (326kB)
5193342020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (801kB)
5193342020_Kata_Pengantar.pdf
Download (595kB)
5193342020_Abstrak.pdf
Download (580kB)
5193342020_Daftar_Isi.pdf
Download (620kB)
5193342020_Daftar_Tabel.pdf
Download (448kB)
5193342020_Daftar_Gambar.pdf
Download (566kB)
5193342020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (448kB)
5193342020_BAB_I.pdf
Download (695kB)
5193342020_BAB_V.pdf
Download (476kB)
5193342020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (597kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil praktik puff pastry siswa yang menggunakan media berbasis Canva. 2) Hasil praktik puff pastry siswa yang menggunakan media berbasis Power Point. 3) Pengaruh penggunaan media berbasis Canva terhadap hasil praktik puff pastry. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dan dilaksanakan di SMK Pariwisata Imelda Medan pada bulan November. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII tata boga dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel secara
Random Kelas yaitu kelas XII tata boga 2 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII tata boga 1 dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan hasil praktik. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data yaitu distribusi frekuensi dan uji kecenderungan. Persyaratan analisis data dengan uji normalitas, dan uji
homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan hasil praktik puff pastry yang menggunakan media berbasis Canva sebesar 58,82 persen termasuk kategori cenderung kompeten. Berdasarkan tingkat kecenderungan hasil praktik puff pastry siswa yang menggunakan media berbasis Power Point sebesar
55,26 persen termasuk kategori cenderung cukup kompeten. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media berbasis Canva terhadap hasil praktik puff pastry siswa dengan nilai thitung > ttabel (11,04 > 1,66), pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media berbasis Canva berpengaruh terhadap hasil praktik puff pastry siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Canva; Media Pembelajaran Power Point; Hasil Praktik Puff Pastry |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 07:57 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55681 |