Siregar, Ayu Andriani (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN FLIPBOOKBERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (REGULASI) KELAS XI MIA SMA SWASTA BUDI SATRYA MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341019_Cover.pdf
Download (219kB)
4193341019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (280kB)
4193341019_Abstrak.pdf
Download (274kB)
4193341019_Kata_Pengantar.pdf
Download (356kB)
4193341019_Daftar_Isi.pdf
Download (565kB)
4193341019_Daftar_Gambar.pdf
Download (465kB)
4193341019_Daftar_Tabel.pdf
Download (362kB)
4193341019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (430kB)
4193341019_BAB_I.pdf
Download (470kB)
4193341019_BAB_V.pdf
Download (272kB)
4193341019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Biologi berbantuan flipbook berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem koordinasi (Regulasi) yang dapat dijadikan sebagai referensi di dalam proses pembelajaran disekolah, mengetahui respon atau tanggapan guru, peserta didik serta keefektifan produk e�modul yang dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik setelah menggunakan e�modul yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, 1 orang guru dan 30 peserta didik kelas XI MIA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru dan instrument tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Hasil analisis data diperoleh
validasi ahli materi sebesar 83,7 % dengan kategori layak, hasil validasi ahli media sebesar 83,3 % dengan kategori layak, hasil validasi ahli pembelajaram sebesar 91,6 % dengan kategori sangat layak, penilaian atau respon guru Biologi didapat sebesar 89,1 % dengan kategori sangat layak, hasil respon peserta didik didapat sebesar 87,1 % dengan kategori sangat layak. Pada hasil tes peserta didik melakukan pretes dan
posttes sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0, 74 yang termasuk dalam tinggi kategori. Dapat disimpulkan e-modul berbantuan flipbook berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem koordinasi (regulasi) dinyatakan valid atau layak dan
efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penlitian dan pengembangan; Sistem koordinasi; Pembelajaran sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:53 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55668 |