Lumban Gaol, Tri Une (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131010_Cover.pdf
Download (56kB)
5193131010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (495kB)
5193131010_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
5193131010_Abstrak.pdf
Download (209kB)
5193131010_Daftar_Isi.pdf
Download (153kB)
5193131010_Daftar_Tabel.pdf
Download (127kB)
5193131010_Daftar_Gambar.pdf
Download (127kB)
5193131010_BAB_I.pdf
Download (341kB)
5193131010_BAB_V.pdf
Download (155kB)
5193131010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (263kB)
Abstract
Hasil observasi menunjukan masih rendahnya hasil belajar siswa Ketika diberikan tes, hal ini terlihat dari siswa tidak dapat menjawab soal yang diberikan dan tidak
hadir kesekolah ketika proses pembelajaran berlanggsung. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif mendorong kemampuannya. Penelitian ini dilatar belakangi, oleh faktor diantaranya kurang serius siswa dalam menanggapi mata pelajaran, pembelajaran tersebut siswanya kurang aktif. Kurangnya model pembelajan yang lebih bervariasi. Hasil belajar siswa tidak sesuai dengan nilai KKM (kriteria
ketuntasan minimal) yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa dengan kelas eksperimen dan kelas control. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang berjumlah 40 siswa hasil belajar siswa kelas XI SMKS 1 PABA Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Hasil nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 72.25 dibandingkan nilai posttest kelas control sebesar 67.00. Dimana juga diketahui pada uji normalitas data, nilai posttest lebih besar dari 0,05 maka H○ diterima karena nilai nya melebihi dari 0,05 pada kelas eksperimen 0,09>0,05 dan kelas control 0,70>0,05. Hasil uji coba rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% dengan n 20 yaitu 0,4227. Dari perhitungan yang dilakukan juga didapatkan nilai rhitung sebesar 0,696. Hasil penelitian pada kelas eksperimen adalah tingkat kecenderungan skor data variabel kepercayaan kategori
rendah; 5% (1 responden), dengan kategori kurang; 15% (3 responden), kategori cukup; 35% (7 responden), kategori tinggi 45% (9 responden), serta kategori sangat tinggi 0% (0 responden), dengan demikian kepercayaan pada umumnya
berada pada kategori “tinggi”. Pada kelas kontrol tingkat kecenderungan soal skor data variabel kepercayaan kategori rendah; 10% (2 responden), dengan kategori kurang; 5% (1 responden), kategori cukup; 50% (10 responden), kategori tinggi 35% (7 responden), serta kategori sangat tinggi 0% (0 responden), dengan demikian kepercayaan pada umumnya berada pada kategori “cukup”. Kemudian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) lebih tinggi dari model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Swasta PABA Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Project Based Learning |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 02:17 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55655 |