Safira, Titin (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan Smkn1 Lubuk Pakam T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131008_Cover.pdf
Download (233kB)
5193131008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (187kB)
5193131008_Kata_Pengantar.pdf
Download (446kB)
5193131008_Abstrak.pdf
Download (244kB)
5193131008_Daftar_Isi.pdf
Download (76kB)
5193131008_Daftar_Tabel.pdf
Download (45kB)
5193131008_Daftar_Gambar.pdf
Download (44kB)
5193131008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (45kB)
5193131008_BAB_I.pdf
Download (297kB)
5193131008_BAB_V.pdf
Download (95kB)
5193131008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (74kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu bahwa siswa belum dapat menentukan jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka, sebagian siswa cenderung malas mengkuti pemebelajaran dan adanya keluhan siswa terhadap pembelajaran yang selama ini digunakan sangat membosankan sehingga siswa kurang antusius
untuk mengikuti pembelajaran dikelas X TK 3 khususnya pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran. Maka diperlukan perubahan model pembelajaran yang cocok digunakan bagi siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan 1)Untuk Mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan dengan menggunakan model pembelajran Problem Based Learning. 2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan dengam menggunakan model pembelajaran Self Directed learning. 3)Mengetahui hasil belajar siswa kelas X Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenaga Listrikan dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment design) ialah diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen kemudian diberikan post-test untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah (1)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar
Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TK 3 SMK N 1 Lubuk Pakam T.A 2022/2023 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL), memperoleh skor rata-rata yaitu 76,18 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 93,24 dan skor terendah adalah 63,27 dengan standar deviasi 8,06 dan varians 64,97. (2)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TK 1 SMK N 1 Lubuk Pakam T.A 2022/2023 dengan model pembelajaran Self Directed Learning(SDL), diperoleh skor rata-rata 72,15 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 86,58 dan
skor terendah adalah 59,94, dengan standar deviasi 7,75 dan varians 60,12. (3)Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TK SMK N 1 Lubuk Pakam T.A 2022/2023 dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning(PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning(SDL). Dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,091 > 1,668, maka
artinya Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning(PBL); Dasar dasar teknik ketengalistrikan; alat tangan dan alat kerja kelistrikan |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 02:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55652 |