Rahma, Aulia Eka (2023) THE EFFECT OF STEM-PjBL MODEL ON STUDENTS C R E A T I V E T H I N K I N G S K I L L S I N E N V I R O N M E N T A L P O L L U T I O N MATERIAL OF SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193151017_Cover.pdf
Download (106kB)
4193151017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (625kB)
4193151017_Abstrak.pdf
Download (149kB)
4193151017_Kata_Pengantar.pdf
Download (180kB)
4193151017_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
4193151017_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
4193151017_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
4193151017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
4193151017_BAB_I.pdf
Download (402kB)
4193151017_BAB_V.pdf
Download (83kB)
4193151017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (289kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STEM-PjBL terhadapketerampilan berpikir kreatif siswa pada topik pencemaran lingkungan di kelas tujuh.Desain quasi eksperimen kelompok kontrol nonequivalent pretest-posttestdigunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitukelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Kontrolkelas diajar dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran konvensionalmodel STEM-PjBL. Teknik pengumpulan data instrumen tes adalah instrumen tes
dari 25 soal pilihan ganda yang valid. Instrumen tes yang digunakan adalah pilihan gandapertanyaan. Soal-soal tersebut terdiri dari 25 soal untuk mengukur pembelajaran siswa
keterampilan berpikir kreatif. Rata-rata skor hasil berpikir kreatif siswa keterampilan pada kelas eksperimen sebesar 91,00 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 61,16. Perbedaan hasil belajar siswa pada
keterampilan berpikir kreatif sebesar 29,84 pada hasil postest kelas eksperimen dankelas kontrol. Hasil uji t-Test diperoleh 0,03 dari 2-tailednilai signifikansi dan hasil treatment effect size sebesar 0,98 dengan hasil yang tinggi(≥0,80 kategori sangat tinggi) dengan menggunakan treatment effect size cohen test parsial etakuadrat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari STEM-PjBLmodel pada keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berfikir kreatif; Pencemaran lingkungan; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:41 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55646 |