THE EFFECT OF STEM-PjBL MODEL ON STUDENTS C R E A T I V E T H I N K I N G S K I L L S I N E N V I R O N M E N T A L P O L L U T I O N MATERIAL OF SMP NEGERI 37 MEDAN

Rahma, Aulia Eka (2023) THE EFFECT OF STEM-PjBL MODEL ON STUDENTS C R E A T I V E T H I N K I N G S K I L L S I N E N V I R O N M E N T A L P O L L U T I O N MATERIAL OF SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193151017_Cover.pdf] Text
4193151017_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4193151017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193151017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of 4193151017_Abstrak.pdf] Text
4193151017_Abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4193151017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193151017_Kata_Pengantar.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4193151017_Daftar_Isi.pdf] Text
4193151017_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4193151017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193151017_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4193151017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193151017_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4193151017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193151017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4193151017_BAB_I.pdf] Text
4193151017_BAB_I.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 4193151017_BAB_V.pdf] Text
4193151017_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193151017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193151017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STEM-PjBL terhadapketerampilan berpikir kreatif siswa pada topik pencemaran lingkungan di kelas tujuh.Desain quasi eksperimen kelompok kontrol nonequivalent pretest-posttestdigunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitukelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Kontrolkelas diajar dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran konvensionalmodel STEM-PjBL. Teknik pengumpulan data instrumen tes adalah instrumen tes
dari 25 soal pilihan ganda yang valid. Instrumen tes yang digunakan adalah pilihan gandapertanyaan. Soal-soal tersebut terdiri dari 25 soal untuk mengukur pembelajaran siswa
keterampilan berpikir kreatif. Rata-rata skor hasil berpikir kreatif siswa keterampilan pada kelas eksperimen sebesar 91,00 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 61,16. Perbedaan hasil belajar siswa pada
keterampilan berpikir kreatif sebesar 29,84 pada hasil postest kelas eksperimen dankelas kontrol. Hasil uji t-Test diperoleh 0,03 dari 2-tailednilai signifikansi dan hasil treatment effect size sebesar 0,98 dengan hasil yang tinggi(≥0,80 kategori sangat tinggi) dengan menggunakan treatment effect size cohen test parsial etakuadrat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari STEM-PjBLmodel pada keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berfikir kreatif; Pencemaran lingkungan; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:41
Last Modified: 26 Apr 2024 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55646

Actions (login required)

View Item
View Item