Alamsyah, Wahyu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191151010_Cover.pdf
Download (279kB)
5191151010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (790kB)
5191151010_Kata_Pengantar.pdf
Download (413kB)
5191151010_Abstrak.pdf
Download (400kB)
5191151010_Daftar_Isi.pdf
Download (503kB)
5191151010_Daftar_Tabel.pdf
Download (286kB)
5191151010_Daftar_Gambar.pdf
Download (257kB)
5191151010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (258kB)
5191151010_BAB_I.pdf
Download (686kB)
5191151010_BAB_VI.pdf
Download (307kB)
5191151010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (424kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran teknik komputer dan jaringan dengan materi administrasi sistem jaringan dan mengetahui kelayakan serta efektivitas dari
penggunaan media. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI TKJ SMK Swasta Rahmat Islamiyah. Prosedur penelitian ini menggunakan model ADDIE dan untuk pengembangan produk media menggunakan metode Systems Development Life Cycle (SDLC). Pada instrument penelitian menggunakan pretest dan post test
untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media. Kelayakan dari media yang telah dikembangkan sebelumnya sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya media di uji coba kepada 30 peserta didik kelas XI TKJ2 (kelompok eksperimen). Berdasarkan data yang di dapat selama penelitian, pada uji kelayakan media oleh ahli media memperoleh hasil 4.607 dengan kategori “Sangat Layak” sedangkan validasi oleh ahli materi untuk mengetahui kelayakan materi memperoleh hasil 4.719 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji akseptansi peserta didik kelas XI TKJ2 (kelompok eksperimen) memperoleh hasil 4.483
dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”. Selain uji kelayakan, uji efektivitas juga di lakukan dengan mengunakan pola pretest-posttest control group desaign. Media uji coba kepada 30 peserta didik di kelas XI TKJ2 (kelompok eksperimen). Berdasarkan uji efektivitas menggunakan Uji independent sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa terdapat
perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar peserta mengunakan media , yang menyatakan bahwa Ha di terima. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi (88,17) dibandingkan dengan kelompok kontrol (64). Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android pada proses pembelajaran dinyatakan sangat layak dan efektif untuk di gunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Android |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55633 |