Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan

Alamsyah, Wahyu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5191151010_Cover.pdf] Text
5191151010_Cover.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 5191151010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5191151010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of 5191151010_Kata_Pengantar.pdf] Text
5191151010_Kata_Pengantar.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 5191151010_Abstrak.pdf] Text
5191151010_Abstrak.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 5191151010_Daftar_Isi.pdf] Text
5191151010_Daftar_Isi.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 5191151010_Daftar_Tabel.pdf] Text
5191151010_Daftar_Tabel.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 5191151010_Daftar_Gambar.pdf] Text
5191151010_Daftar_Gambar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 5191151010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5191151010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 5191151010_BAB_I.pdf] Text
5191151010_BAB_I.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of 5191151010_BAB_VI.pdf] Text
5191151010_BAB_VI.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 5191151010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5191151010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran teknik komputer dan jaringan dengan materi administrasi sistem jaringan dan mengetahui kelayakan serta efektivitas dari
penggunaan media. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI TKJ SMK Swasta Rahmat Islamiyah. Prosedur penelitian ini menggunakan model ADDIE dan untuk pengembangan produk media menggunakan metode Systems Development Life Cycle (SDLC). Pada instrument penelitian menggunakan pretest dan post test
untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media. Kelayakan dari media yang telah dikembangkan sebelumnya sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya media di uji coba kepada 30 peserta didik kelas XI TKJ2 (kelompok eksperimen). Berdasarkan data yang di dapat selama penelitian, pada uji kelayakan media oleh ahli media memperoleh hasil 4.607 dengan kategori “Sangat Layak” sedangkan validasi oleh ahli materi untuk mengetahui kelayakan materi memperoleh hasil 4.719 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji akseptansi peserta didik kelas XI TKJ2 (kelompok eksperimen) memperoleh hasil 4.483
dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”. Selain uji kelayakan, uji efektivitas juga di lakukan dengan mengunakan pola pretest-posttest control group desaign. Media uji coba kepada 30 peserta didik di kelas XI TKJ2 (kelompok eksperimen). Berdasarkan uji efektivitas menggunakan Uji independent sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa terdapat
perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar peserta mengunakan media , yang menyatakan bahwa Ha di terima. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi (88,17) dibandingkan dengan kelompok kontrol (64). Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android pada proses pembelajaran dinyatakan sangat layak dan efektif untuk di gunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Android
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:50
Last Modified: 25 Apr 2024 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55633

Actions (login required)

View Item
View Item