Rouli, Djuni Posma (2023) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) SMAN 1 SILAEN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 13 September 2023, Medan.
Article.pdf
Download (904kB)
Abstract
Menurut Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1 ayat 1
guru harus *membimbing dan melatih serta berdasarkan Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 63 Tahun
2022 pasal 39C pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah seperti litersi, seni, pasukan
pengibar bendera, drum band, pramuka. Tetapi kegiatan ekstrakurikuler yang
menampung, mengembangkan aspirasi siswa yang berbakat dalam menulis dan
berpikir ilmiah untuk menghasilkan karya tulis terbaik belum ada sejak berdirinya
SMAN 1 Silaen 1997-2022. Oleh sebab itu sangat penting dibentuk ekstrakurikuler
kelompok ilmiah remaja (KIR). Pada tahun pelajaran 2023-2024 dibentuklah
ekstrakurikuler kelompok karya ilmiah (KIR) di SMAN 1 Silaen. Berdasarkan hasil
penelitian pada kegiatan lomba KIR antar kelas dengan metode penelitian deskriptif
kualitatif. dalam rangka hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia. Dari
15 kelas 2 kelas tidak mengikuti presentasi lomba KIR diperoleh data siswa belum
memahami cara membuat metode penelitian dan pembahasan. Sehingga peserta didik
perlu dibimbing dan dilatih berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 Guru
adalah pendidik. Oleh sebab itu ektrakurikuler kelompok ilmiah remaja perlu diadakan
tahun pelajaran 2023-2024.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Kelompok Ilmiah Remaja, SMAN 1 Silaen. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:46 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55627 |