Purnama, Asri (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS X1 SMA NEGERI 8 T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341010_Cover.pdf
Download (219kB)
4193341010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (592kB)
4193341010_Abstrak.pdf
Download (507kB)
4193341010_Kata_Pengantar.pdf
Download (659kB)
4193341010_Daftar_Isi.pdf
Download (630kB)
4193341010_Daftar_Gambar.pdf
Download (361kB)
4193341010_Daftar_Tabel.pdf
Download (362kB)
4193341010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (597kB)
4193341010_BAB_I.pdf
Download (612kB)
4193341010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (676kB)
4193341010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (832kB)
4193341010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (885kB)
4193341010_BAB_V.pdf
Download (376kB)
4193341010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (489kB)
4193341010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI SMA Negeri 8 T.P 2022/2023. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang, terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI MIA 3 dengan jumlah siswa 30 orang merupakan kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 dengan jumlah siswa 30 orang merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dan lembar observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen berupa pretest sebesar 38 dan posttest sebesar 79,2 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar pada pretest sebesar 36,3 dan posttest sebesar 55,5. Keterlaksanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran memperoleh presentase sebesar 89% dengan kategori “Sepenuhnya Terlaksana”. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan Independent Sample T-Test dengan bantuan software SPSS 25 dari hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI SMA Negeri 8 T.P 2022/2023
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar; Sistem Pertahanan Tubuh |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:46 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:25 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55625 |
