ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT PUTRI HIJAU SEBAGAI PELENGKAP MATERI AJAR TEKS LEGENDA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ardila, Fahrun (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT PUTRI HIJAU SEBAGAI PELENGKAP MATERI AJAR TEKS LEGENDA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2173111012 COVER.pdf] Text
1. NIM 2173111012 COVER.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 2. NIM 2173111012 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2173111012 APPROVAL SHEET.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of 3. NIM 2173111012 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2173111012 ABSTRACT.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4.  NIM 2173111012 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2173111012 PREFACE.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 5. NIM 2173111012 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2173111012 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 6. NIM 2173111012 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2173111012 LIST OF TABLE.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 7. NIM 2173111012 LIST OF FIGURE.pdf] Text
7. NIM 2173111012 LIST OF FIGURE.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8. NIM 2173111012 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2173111012 CHAPTER I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 12. NIM 2173111012 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2173111012 CHAPTER V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 13. NIM 2173111012 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2173111012 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat putri hijau sebagai pelengkap materi ajar teks legenda di sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di perpustakaan FBS Unimed. Data dalam penelitian ini adalah hasil proses pengkajian cerita rakyat Putri Hijau. Data tersebut berupa kata, kalimat, atau ungkapan yang terdapat dalam cerita. Sumber data diambil dari keseluruhan isi dari cerita rakyat Putri Hijau yang terdapat dalam buku Kajian perbandingan Kisah Puteri Hijau Melayu Deli oleh Razali Kasim, dkk yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta 2003. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Dalam penelitian ini, cara pengumpulan data melalui wawancara, pertanyaan- pertanyaan wawancara ditanyakan kepada guru untuk memperoleh jawaban apakah bahan ajar yang dibuat oleh peneliti bisa dijadikan bahan ajar pendamping oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat Putri Hijau terdapat empat nilai yang dominan, yaitu nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan kepahlawanan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat Putri Hijau banyak membahas nilai pendidikan agama yang berupa percaya pada kekuasaan Tuhan, nilai pendidikan moral berupa sikap adil dan bijaksana, sopan santun, patuh, kasih sayang dan kecerdikan, nilai pendidikan sosial berupa loyalitas/kesetiaan dan musyawarah untuk mufakat dan nilai pendidikan kepahlawanan berupa sikap rela berkorban. Selain itu luaran dari penelitian ini yaitu bahan ajar Handout sebagai bahan ajar pendamping yang nantinya bisa digunakan oleh guru pada saat siswa belajar mengenai teks legenda. Berdasarkan hasil wawancara dengan gurudinyatakan bahwa guru bersedia memakai bahan ajar yang penulis buat untuk bahan ajar pendamping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: nilai-nilai pendidikan; teks legenda; bahan ajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:43
Last Modified: 25 Apr 2024 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55614

Actions (login required)

View Item
View Item