Ardila, Fahrun (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT PUTRI HIJAU SEBAGAI PELENGKAP MATERI AJAR TEKS LEGENDA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173111012 COVER.pdf
Download (66kB)
2. NIM 2173111012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (743kB)
3. NIM 2173111012 ABSTRACT.pdf
Download (35kB)
4. NIM 2173111012 PREFACE.pdf
Download (149kB)
5. NIM 2173111012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (67kB)
6. NIM 2173111012 LIST OF TABLE.pdf
Download (119kB)
7. NIM 2173111012 LIST OF FIGURE.pdf
Download (32kB)
8. NIM 2173111012 CHAPTER I.pdf
Download (368kB)
12. NIM 2173111012 CHAPTER V.pdf
Download (164kB)
13. NIM 2173111012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat putri hijau sebagai pelengkap materi ajar teks legenda di sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di perpustakaan FBS Unimed. Data dalam penelitian ini adalah hasil proses pengkajian cerita rakyat Putri Hijau. Data tersebut berupa kata, kalimat, atau ungkapan yang terdapat dalam cerita. Sumber data diambil dari keseluruhan isi dari cerita rakyat Putri Hijau yang terdapat dalam buku Kajian perbandingan Kisah Puteri Hijau Melayu Deli oleh Razali Kasim, dkk yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta 2003. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Dalam penelitian ini, cara pengumpulan data melalui wawancara, pertanyaan- pertanyaan wawancara ditanyakan kepada guru untuk memperoleh jawaban apakah bahan ajar yang dibuat oleh peneliti bisa dijadikan bahan ajar pendamping oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat Putri Hijau terdapat empat nilai yang dominan, yaitu nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan kepahlawanan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat Putri Hijau banyak membahas nilai pendidikan agama yang berupa percaya pada kekuasaan Tuhan, nilai pendidikan moral berupa sikap adil dan bijaksana, sopan santun, patuh, kasih sayang dan kecerdikan, nilai pendidikan sosial berupa loyalitas/kesetiaan dan musyawarah untuk mufakat dan nilai pendidikan kepahlawanan berupa sikap rela berkorban. Selain itu luaran dari penelitian ini yaitu bahan ajar Handout sebagai bahan ajar pendamping yang nantinya bisa digunakan oleh guru pada saat siswa belajar mengenai teks legenda. Berdasarkan hasil wawancara dengan gurudinyatakan bahwa guru bersedia memakai bahan ajar yang penulis buat untuk bahan ajar pendamping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | nilai-nilai pendidikan; teks legenda; bahan ajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:43 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55614 |