Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata PelajaranAPLPIG Kelas Xi DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Siregar, Mega Marini (2023) Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata PelajaranAPLPIG Kelas Xi DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5181111018  COVER.pdf] Text
1. NIM 5181111018 COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 2. 5181111018 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 5181111018 APPROVAL SHEET.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 3. NIM 5181111018 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5181111018 ABSTRACT.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4. NIM 5181111018 PREPACE.pdf] Text
4. NIM 5181111018 PREPACE.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 5. NIM 5181111018 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5181111018 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 6. NIM 5181111018 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5181111018 TABLES.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 7. NIM 5181111018 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5181111018 ILLUSTRATION.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8. NIM 5181111018 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5181111018 APPENDICES.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 9. NIM 5181111018 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5181111018 CHAPTER I.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 13. NIM 5181111018 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5181111018 CHAPTER V.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 14. NIM 5181111018 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5181111018 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (207kB)

Abstract

Alat evaluasi atau instrumen evaluasi merupakan alat ukur untuk menilai dan
mengevaluasi sejauh mana proses pembelajaran tersampaikan kepada peserta
didik. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan didapat bahwa guru belum
memanfaatkan alat evaluasi dalam pengambilan nilai pada peserta didik. Dalam
pengambilan nilai guru masih menggunakan metode konvensional berupa paper
test (kertas). Sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat membuka pola
pikir peserta didik dalam belajar. Dengan semakin berkembangnya alat teknologi
dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan alat evaluasi yang sudah ada
yaitu menggunakan aplikasi kahoot dengan memanfaat potensi yang ada di
sekolah yaitu ketersediaan komputer dan jaringan Wi-Fi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan alat
evaluasi menggunakan aplikasi kahoot dan bagaimana respon peserta didik
terhadap alat evaluasi yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Research and Development (R&D), prosedur penelitian
ADDIE dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis
analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi
ahli media, lembar validasi ahli evaluasi dan keefektifitasan alat evaluasi .
Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,68 dengan kriteria
sangat layak. Hasil validasi dari ahli media skor rata-rata sebesar 4,72 dengan
kategori sangat layak. Hasil validasi dari ahli evaluasi mendapatkan mean skor
rata-rata 4,75 dengan kategori sangat layak. Validitas dari hasil uji coba diperolah
uji coba 10 soal yang tidak valid, 30 soal lainnya dinyatakan valid dan reliabilitas
yang diperoleh pada tahap pertama sebesar 0,943. Keefektifitan alat evaluasi
mencapai rasio 83% dengan kategori sangat efektif. Disimpulkan bahwa alat
evaluasi berbentuk test online yang dikembangkan sangat layak sebagai alat
evaluasi yang baik digunakan dalam pembelajaran APLPIG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Alat Evaluasi Pembelajaean; Kahoot
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:05
Last Modified: 25 Apr 2024 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55586

Actions (login required)

View Item
View Item