PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK FOUR-TIER UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SMA

Yunita, Anis (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK FOUR-TIER UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191131001_Cover.pdf] Text
4191131001_Cover.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4191131001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 4191131001_Abstrak.pdf] Text
4191131001_Abstrak.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4191131001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131001_Kata_Pengantar.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4191131001_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131001_Daftar_Isi.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 4191131001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131001_Daftar_Gambar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4191131001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131001_Daftar_Tabel.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4191131001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4191131001_BAB_I.pdf] Text
4191131001_BAB_I.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 4191131001_BAB_V.pdf] Text
4191131001_BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4191131001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen tes diagnostik berformat four-tier yang layak dan valid digunakan dalam mengidentifikasi tingkat
pemahaman konsep siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan laju reaksi di SMA.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Persiapan Stabat dengan pengambilan sampel melalui teknik random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji coba skala kecil dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari instrumen tes yang dikembangkan berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keberfungsian distraktor. Hasil penelitian diperoleh: (1) SMA Swasta Persiapan Stabat belum pernah menggunakan instrumen tes diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep siswa karena ketidaktersedian instrumen tersebut; (2) Instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi kualifikasi baik dengan penilaian dari lima validator ahli. Koefisien reliabilitasnya sebesar 0,77 yang menunjukkan kategori
reliabilitas tinggi; (3) Hasil rata-rata analisis respon guru terhadap instrumen tes diagnostik four-tier sebesar 92,5% yang menunjukkan bahwa instrumen tes tergolong dalam kriteria sangat baik; (4) Analisis angket keterbacaan siswa menunjukkan bahwa rata-rata hasil tanggapan siswa terhadap instrumen tes
diagnostik four-tier sebesar 84,29% sehingga termasuk dalam kriteria sangat baik; (5) hasil analisis uji skala kecil dari 20 butir soal diperoleh 14 soal dalam kategori valid dan 6 soal dalam kategori tidak valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Instrumen Penilaian; Pemahaman Konsep; Tes Diagnostik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:00
Last Modified: 25 Apr 2024 06:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55576

Actions (login required)

View Item
View Item