Yunita, Anis (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK FOUR-TIER UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191131001_Cover.pdf
Download (234kB)
4191131001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (378kB)
4191131001_Abstrak.pdf
Download (257kB)
4191131001_Kata_Pengantar.pdf
Download (258kB)
4191131001_Daftar_Isi.pdf
Download (439kB)
4191131001_Daftar_Gambar.pdf
Download (229kB)
4191131001_Daftar_Tabel.pdf
Download (447kB)
4191131001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (230kB)
4191131001_BAB_I.pdf
Download (441kB)
4191131001_BAB_V.pdf
Download (256kB)
4191131001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (487kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen tes diagnostik berformat four-tier yang layak dan valid digunakan dalam mengidentifikasi tingkat
pemahaman konsep siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan laju reaksi di SMA.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Persiapan Stabat dengan pengambilan sampel melalui teknik random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji coba skala kecil dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari instrumen tes yang dikembangkan berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keberfungsian distraktor. Hasil penelitian diperoleh: (1) SMA Swasta Persiapan Stabat belum pernah menggunakan instrumen tes diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep siswa karena ketidaktersedian instrumen tersebut; (2) Instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi kualifikasi baik dengan penilaian dari lima validator ahli. Koefisien reliabilitasnya sebesar 0,77 yang menunjukkan kategori
reliabilitas tinggi; (3) Hasil rata-rata analisis respon guru terhadap instrumen tes diagnostik four-tier sebesar 92,5% yang menunjukkan bahwa instrumen tes tergolong dalam kriteria sangat baik; (4) Analisis angket keterbacaan siswa menunjukkan bahwa rata-rata hasil tanggapan siswa terhadap instrumen tes
diagnostik four-tier sebesar 84,29% sehingga termasuk dalam kriteria sangat baik; (5) hasil analisis uji skala kecil dari 20 butir soal diperoleh 14 soal dalam kategori valid dan 6 soal dalam kategori tidak valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Instrumen Penilaian; Pemahaman Konsep; Tes Diagnostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55576 |