Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Pada Mata Pelajaran Tekstil Kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam

Indah, Riri (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Pada Mata Pelajaran Tekstil Kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183143021_Cover.pdf] Text
5183143021_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 5183143021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183143021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5183143021_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183143021_Kata_Pengantar.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 5183143021_Abstrak.pdf] Text
5183143021_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5183143021_Daftar_Isi.pdf] Text
5183143021_Daftar_Isi.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 5183143021_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183143021_Daftar_Tabel.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 5183143021_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183143021_Daftar_Gambar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 5183143021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183143021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 5183143021_BAB_I.pdf] Text
5183143021_BAB_I.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 5183143021_BAB_V.pdf] Text
5183143021_BAB_V.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 5183143021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183143021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (431kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep materi konstruksi bahan tekstil dengan baik dan peserta didik dalam pembelajaran kurang interaktif karena proses
pembelajaran masih berfokus pada pendidik (teacher centered). Serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan pendidik, sehingga peserta didik kurang tertarik untuk belajar tata busana khususnya pada materi konstruksi bahan tekstil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan media e-LKPD pada mata pelajaran tekstil kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam.
Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi), dengan subjek penelitian terdiri dari 3 orang ahli materi dan 2 orang ahli media yang terbilang ahli dibidangnya, serta 33 orang peserta didik kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam. Hasil penelitian pengembangan media e-LKPD menunjukkan bahwa hasil skor rata-rata dari ahli materi sebesar 95,90% termasuk dalam kriteria “sangat baik” dan hasil skor rata-rata dari ahli media sebesar 82% termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Hasil uji kelayakan pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata rata skor sebesar 79,40% dengan kriteria “baik”, uji coba kelompok sedang diperoleh rata-rata skor sebesar 89,50% dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 95,00% dengan kriteria “sangat baik”, dengan rata– rata nilai keseluruhan yaitu 88,36% termasuk dalam kriteria
“sangat baik/layak”. Maka disimpulkan bahwa media e-LKPD pada materi konstruksi bahan tekstil dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran tekstil kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD); Konstruksi Bahan Tekstil; Mata Pelajaran Tekstil
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:12
Last Modified: 25 Apr 2024 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55536

Actions (login required)

View Item
View Item