Manurung, Angelina (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193321033_Cover.pdf
Download (178kB)
4193321033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (944kB)
4193321033_Abstrak.pdf
Download (519kB)
4193321033_Kata_Pengantar.pdf
Download (607kB)
4193321033_Daftar_Isi.pdf
Download (236kB)
4193321033_Daftar_Gambar.pdf
Download (203kB)
4193321033_Daftar_Tabel.pdf
Download (205kB)
4193321033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (205kB)
4193321033_BAB_I.pdf
Download (317kB)
4193321033_BAB_V.pdf
Download (376kB)
4193321033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (583kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Demikian juga pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI Mia SMA N 1 Silaen yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas,
kelas yang diambil yaitu XI Mia 1 sebagai kelas eksperimen dan XI Mia 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal yang telah dinyatakan valid oleh validator.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 25,76 dan hasil pretest kelas kontrol 22,86. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa �ℎ�����< ������ yaitu 1,312 < 2,002 pada taraf signifikan � = 0,05 dan dk =60
dinyatakan �� diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah menerapkan model discovery learning, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar
69,77 dan kelas kontrol sebesar 59,3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa �ℎ����� >������ yaitu 3,921 > 1,671 pada taraf signifikansi � = 0,05 dan dk =60 dinyatakan bahwa �� diterima berarti terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55535 |