PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Manurung, Angelina (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193321033_Cover.pdf] Text
4193321033_Cover.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4193321033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (944kB)
[thumbnail of 4193321033_Abstrak.pdf] Text
4193321033_Abstrak.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 4193321033_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321033_Kata_Pengantar.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 4193321033_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321033_Daftar_Isi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4193321033_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321033_Daftar_Gambar.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4193321033_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321033_Daftar_Tabel.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4193321033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4193321033_BAB_I.pdf] Text
4193321033_BAB_I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4193321033_BAB_V.pdf] Text
4193321033_BAB_V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 4193321033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Demikian juga pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI Mia SMA N 1 Silaen yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas,
kelas yang diambil yaitu XI Mia 1 sebagai kelas eksperimen dan XI Mia 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal yang telah dinyatakan valid oleh validator.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 25,76 dan hasil pretest kelas kontrol 22,86. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa �ℎ�����< ������ yaitu 1,312 < 2,002 pada taraf signifikan � = 0,05 dan dk =60
dinyatakan �� diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah menerapkan model discovery learning, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar
69,77 dan kelas kontrol sebesar 59,3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa �ℎ����� >������ yaitu 3,921 > 1,671 pada taraf signifikansi � = 0,05 dan dk =60 dinyatakan bahwa �� diterima berarti terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:13
Last Modified: 25 Apr 2024 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55535

Actions (login required)

View Item
View Item