Peningkatan Hasil Belajar Melalui Kesiapan Praktik Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Demonstrasi pada Kelas XI di SMK DWI WARNA MEDAN

Gohae, Rifan Sanjaya (2023) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Kesiapan Praktik Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Demonstrasi pada Kelas XI di SMK DWI WARNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173321039_Cover.pdf] Text
5173321039_Cover.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 5173321039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173321039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 5173321039_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173321039_Kata_Pengantar.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 5173321039_Abstrak.pdf] Text
5173321039_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 5173321039_Daftar_Isi.pdf] Text
5173321039_Daftar_Isi.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 5173321039_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173321039_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 5173321039_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173321039_Daftar_Gambar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 5173321039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173321039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 5173321039_BAB_I.pdf] Text
5173321039_BAB_I.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 5173321039_BAB_V.pdf] Text
5173321039_BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 5173321039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173321039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswadan meningkatkan kesiapan praktik siswa kelas X SMK DWI WARNA Medan pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dalam menerapkan model pembelajaran project based learning dengan metode demonstrasi.Penelitian menggunakan model Kurt-Lewin.
Keempat langkah utama dalam penelitian tindakan kelas yaitu merencanakan, melakukan tindakan perbaikan, mengamati, dan refleksi merupakan satu siklus dari beberapa siklus yang ada dalam penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang didapat, bahwa penggunaan model Project Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya standar kompetensi.Memahami mesin mesin bubut untuk jenis pekerjaan tertentu yang disyaratkan. Hal ini terbukti pada pra siklus dengan nilai rata-rata 70,00 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,69 kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,56. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 31,3% sedangkan pada siklus I
adalah 56,3% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 84,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Kesiapan Praktik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:08
Last Modified: 25 Apr 2024 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55534

Actions (login required)

View Item
View Item