Munthe, Rintha Santhalina BR Ginting (2022) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV SDN 064030 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311065_COVER.pdf
Download (54kB)
2. NIM. 1183311065_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (332kB)
3. NIM. 1183311065_ABSTRAK.pdf
Download (282kB)
4. NIM. 1183311065_KATA PENGANTAR.pdf
Download (272kB)
5. NIM. 1183311065_DAFTAR ISI.pdf
Download (150kB)
6. NIM. 1183311065_DAFTAR TABEL.pdf
Download (115kB)
7. NIM. 1183311065_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (114kB)
8. NIM. 1183311065_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 1183311065_BAB I.pdf
Download (396kB)
13. NIM. 1183311065_BAB V.pdf
Download (173kB)
14. NIM. 1183311065_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (247kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) bagaimana kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL); 2) bagaimana praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL); dan 3) bagaimana efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi dan tes. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dengan guru kelas IV serta masukan dari validator ahli. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi materi, desain, praktisi pendidikan (guru) dan tes hasil belajar. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 98% dengan kriteria “sangat layak”. Validasi oleh
ahli desain memperoleh persentase 78% dengan kriteria “layak”. Validasi oleh ahli praktisi pendidikan (guru) memperoleh persentase 97% dengan kriteria “sangat layak”. Selanjutnya pada hasil uji coba awal didapatkan nilai rata-rata siswa yaitu 45,7 dan pada uji coba lapangan didapatkan nilai rata-rata siswa mengalami kenaikan menjadi 95,4. Dapat disimpulkan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) yang dikembangkan
peneliti relevan untuk dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Project Based Learning (PjBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:53 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55533 |