Azahar, Ridho (2023) Perbedaan Kemampuan Teknik Gambar Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Self Directed Learning Dan Tutor Sebaya Di Era Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X DPIB Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193111001_Cover.pdf
Download (226kB)
5193111001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (8MB)
5193111001_Kata_Pengantar.pdf
Download (299kB)
5193111001_Abstrak.pdf
Download (335kB)
5193111001_Daftar_Isi.pdf
Download (359kB)
5193111001_Daftar_Tabel.pdf
Download (253kB)
5193111001_Daftar_Gambar.pdf
Download (251kB)
5193111001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (280kB)
5193111001_BAB_I.pdf
Download (448kB)
5193111001_BAB_V.pdf
Download (357kB)
5193111001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (310kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan teknik gambar yang diajar dengan model pembelajaran Self Directed Learning dan model pembelajaran Tutor Sebaya di Era Merdeka Belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Medan. Berdasarkan nilai ulangan akhir semester Gambar Teknik siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil tahun ajaran 2023/2034. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang membandingkan hasil
belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Self Directed Learning dengan model pembelajaran Tutor Sebaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 soal yang sudah dinyatakan valid dan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran Self Directed Learning memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya begitu juga dengan hasil nilai keterampilan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian dengan nilai rata-rata sebesar 77,28 pada model pembelajaran Self Directed Learning dan nilai rata-rata 63,88 pada model pembelajaran Tutor Sebaya. Perbedaan kemampuan teknik gambar pada model pembelajaran Self Directed Learning dibuktikan dengan perhitungan menggunakan independent sample t test melalui program SPSS versi 23 menunjukkan nilai t pada t-test for Equality of Means sebesar 3,625 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,670. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis maka H0 ditolak karena t hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan kemampuan teknik gambar yang diajar dengan model pembelajaran Self Directed Learning dan Tutor Sebaya di Era Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Directed Learning; Tutor Sebaya; Kemampuan Teknik Gambar; Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55532 |