Azkia, Azqal (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY EXHIBITION DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5183351011 COVER.pdf
Download (40kB)
2. 5183351011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (199kB)
3. 5183351011 ABSTRACTS.pdf
Download (130kB)
4. 5183351011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (98kB)
5. 5183351011 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (68kB)
6. 5183351011 LIST OF TABLES.pdf
Download (33kB)
7. 5183351011 LIST OF FIGURES.pdf
Download (37kB)
8. 5183351011 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (37kB)
9. 5183351011 CHAPTER I.pdf
Download (271kB)
13. 5183351011 CHAPTER V.pdf
Download (65kB)
14. 5183351011 REFERENCES.pdf
Download (162kB)
Abstract
Disekolah SMK Negeri 1 Percut sei tuan memiliki beberapa jurusan, salah
satunya adalah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dalam didalam kopetensi
keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Dan Gim terdapat sebuah mata pelajaran
Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim dan ini merupakan sebuah
mata pelajaran yang barn diterapkan disekolah tersebut. Terdapat beberapa
kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan kurikulum ini. Seperti
kurangnya pemahaman dan kesiapan, Perubahan dalam metode pengajaran, dan
Keterbatasan sumber daya (pengajar, materi, peraga dll).
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media
pembelajaran Virtual Reality Exhibition sebagai media pembelajaran di SMK
Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X RPL 2
sebanyak 25 siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode pengembangan yang
di gunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle. Model
ini memiliki 6 tahapan seperti, concept, design, material collecting, assembly,
testing, dan distribution. Intrumen yang digunakan berupa Angket/Kuesioner yang
divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan pengujian akseptabilitas siswa
yang dilakukan sebanyak 25 siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil validasi materi oleh ahli
materi diketahui untuk penilaian rata rata keseluruhan sebesar 4,6 (Sangat Layak)
dari data uji kelayakan materi ini dapat disimpulkan materi pada media Virtual
Reality Exhibition sudah sangat layak digunakan sebagai materi pembelajaran.
Hasil validasi media oleh ahli media diketahui untuk penilaian rata rata
keseluruhan sebesar 4,7 (Sangat Layak) dari data uji kelayakan media ini dapat
disimpulkan bahwa media Virtual Reality Exhibition sudah sangat layak untuk
digunakan sebagai media pembelajaran. Dan hasil uji akseptansi media oleh
v
pengguna I siswa kelas X RPL 2 sebanyak 25 siswa diketahui untuk penilaian rata
- rata keseluruhan sebesar 4,5 (Akseptansi Sangat Tinggi). Dengan hasil yang
diperoleh diatas, maka media ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
menggunakan teknologi Virtual Reality Exhibition mata pelajaran dasar - dasar
pengembangan perangkat lunak dan gim di Srnk Negeri 1 Percut Sei Tuan bisa
diterima dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Virtual Reality Exhibition; Multimedia Development Life Cycle |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 02:45 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55525 |