PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY EXHIBITION DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Azkia, Azqal (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY EXHIBITION DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5183351011 COVER.pdf] Text
1. 5183351011 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. 5183351011 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 5183351011 APPROVAL SHEET.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 3. 5183351011 ABSTRACTS.pdf] Text
3. 5183351011 ABSTRACTS.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4. 5183351011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
4. 5183351011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 5. 5183351011 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. 5183351011 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 6. 5183351011 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. 5183351011 LIST OF TABLES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7. 5183351011 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. 5183351011 LIST OF FIGURES.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8. 5183351011 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. 5183351011 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 9. 5183351011 CHAPTER I.pdf] Text
9. 5183351011 CHAPTER I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 13. 5183351011 CHAPTER V.pdf] Text
13. 5183351011 CHAPTER V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 14. 5183351011 REFERENCES.pdf] Text
14. 5183351011 REFERENCES.pdf

Download (162kB)

Abstract

Disekolah SMK Negeri 1 Percut sei tuan memiliki beberapa jurusan, salah
satunya adalah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dalam didalam kopetensi
keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Dan Gim terdapat sebuah mata pelajaran
Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim dan ini merupakan sebuah
mata pelajaran yang barn diterapkan disekolah tersebut. Terdapat beberapa
kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan kurikulum ini. Seperti
kurangnya pemahaman dan kesiapan, Perubahan dalam metode pengajaran, dan
Keterbatasan sumber daya (pengajar, materi, peraga dll).
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media
pembelajaran Virtual Reality Exhibition sebagai media pembelajaran di SMK
Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X RPL 2
sebanyak 25 siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode pengembangan yang
di gunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle. Model
ini memiliki 6 tahapan seperti, concept, design, material collecting, assembly,
testing, dan distribution. Intrumen yang digunakan berupa Angket/Kuesioner yang
divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan pengujian akseptabilitas siswa
yang dilakukan sebanyak 25 siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil validasi materi oleh ahli
materi diketahui untuk penilaian rata rata keseluruhan sebesar 4,6 (Sangat Layak)
dari data uji kelayakan materi ini dapat disimpulkan materi pada media Virtual
Reality Exhibition sudah sangat layak digunakan sebagai materi pembelajaran.
Hasil validasi media oleh ahli media diketahui untuk penilaian rata rata
keseluruhan sebesar 4,7 (Sangat Layak) dari data uji kelayakan media ini dapat
disimpulkan bahwa media Virtual Reality Exhibition sudah sangat layak untuk
digunakan sebagai media pembelajaran. Dan hasil uji akseptansi media oleh
v
pengguna I siswa kelas X RPL 2 sebanyak 25 siswa diketahui untuk penilaian rata
- rata keseluruhan sebesar 4,5 (Akseptansi Sangat Tinggi). Dengan hasil yang
diperoleh diatas, maka media ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
menggunakan teknologi Virtual Reality Exhibition mata pelajaran dasar - dasar
pengembangan perangkat lunak dan gim di Srnk Negeri 1 Percut Sei Tuan bisa
diterima dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Virtual Reality Exhibition; Multimedia Development Life Cycle
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:45
Last Modified: 25 Apr 2024 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55525

Actions (login required)

View Item
View Item