Lubis, Puspa Ria .N. (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mesin Bubut Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Di Kelas XI TP SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182121007_Cover.pdf
Download (38kB)
5182121007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (534kB)
5182121007_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
5182121007_Abstrak.pdf
Download (144kB)
5182121007_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
5182121007_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
5182121007_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
5182121007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
5182121007_BAB_I.pdf
Download (301kB)
5182121007_BAB_V.pdf
Download (195kB)
5182121007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (186kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini secara umum bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mesin bubut mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI TP SMK Negeri 14 Medan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial youtube. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lokasi penelitian di SMK Negeri 14 Medan. Waktu penelitian bulan Agustus 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI Teknik Pemesinan dengan jumlah 34 siswa. Teknik analisis data yang di gunakan adalah deskripsi data dengan menghitung rata-rata dan hasil belajar perseorangan. Data aktivitas siswa digali dengan lembar
pengamatan aktivitas siswa, data pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil pengamatan oleh guru sebagai
pengamat pada siklus I, peneliti terlihat sudah cukup baik saat proses pembelajaran namun peneliti disarankan lebih tegas dalam pengelolaan kelas. Pada tahap ini masih banyak siswa yang masih terlihat takut untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial youtube pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,79 terdapat 21 siswa mencapai ketuntasan dan 13 lainnya belum mencapai ketuntasan; karena belum maksimal peneliti melanjutkan tahapan pada siklus II (2) Hasil pengamatan pada siklus II ini peneliti terlihat lebih mampu mengelola kelas sehingga aktivitas proses pembelajaran dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Siswa juga terlihat lebih antusias untuk
mengemukakan pendapatnya. Hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial youtube pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,02 terdapat 31 siswa mencapai ketuntasan dan 3 lainnya belum
mencapai ketuntasan; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar teknik pemesinan bubut dari siklus I ke siklus II dengan tingkat persentase 8,23%. Artinya media pembelajaran video tutorial youtube dapat meningkatkan hasil belajar teknik
pemesinan bubut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Video tutorial youtube; Teknik pemesinan bubut; PTK; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 01:32 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55503 |