Laia, Nova Riang (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Pada Elemen Dasar Pola Di Smk Swasta Citra Harapan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182143008_Cover.pdf
Download (52kB)
5182143008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (401kB)
5182143008_Kata_Pengantar.pdf
Download (112kB)
5182143008_Abstrak.pdf
Download (336kB)
5182143008_Daftar_Isi.pdf
Download (343kB)
5182143008_Daftar_Tabel.pdf
Download (217kB)
5182143008_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
5182143008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (190kB)
5182143008_BAB_I.pdf
Download (524kB)
5182143008_BAB_V.pdf
Download (335kB)
5182143008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (246kB)
Abstract
Pembelajaran abad 21 identik dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komuniasi (TIK). Pembelajaran di SMK Swasta Citra Harapan belum memaksimalkan penggunakan media pembelajaran berbasis
teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-modul pada mata elemen dasar pola di SMK Swasta Citra Harapan, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis e modul pada elemen dasar pola di SMK Swasta Citra Harapan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, Analisys (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini di
laksanakan di SMK Swasta Citra Harapan dengan subyek penelitian berjumlah 33 orang siswa pada kelas X Tata Busana. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket/instrumen. Hasil penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbasis e-modul dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Desain dan pengembangan media pembelajaran berasis e-modul menggunakan aplikasi canva, (2) hasil kelayakan materi pembelajaran dan media pembelajaran dinyatakan layak dengan masing-masing jumlah skor untuk materi 86,7% dan 94,6% untuk media. Berdasarkan uji coba kelompok kecil dari 5 siswa diperoleh jumlah rata-rata skor
94% dengan kategori “sangat baik”, uji coba kelompok sedang dari 10 siswa diperoleh jumlah rata-rata skor 96% dengan kategori “sangat baik”, dan uji coba kelompok besar dari 33 siswa diperoleh jumlah rata-rata skor 97,3% dengan kategori “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | e-modul; dasar pola; pengembangan |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 08:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55492 |