Idris, Muhammad (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Dan Jembatan Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Di Smk Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181111005_Cover.pdf
Download (401kB)
5181111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (436kB)
5181111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (348kB)
5181111005_Abstrak.pdf
Download (673kB)
5181111005_Daftar_Isi.pdf
Download (581kB)
5181111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (555kB)
5181111005_Daftar_Gambar.pdf
Download (452kB)
5181111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (453kB)
5181111005_BAB_I.pdf
Download (1MB)
5181111005_BAB_V.pdf
Download (583kB)
5181111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (582kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahan dan sikap siswa dengan menerapkan model pemelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Konstruksi Jalan Dan Jembatan pada siswa kelas XI DPIB berjumlah 35 siswa, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing masing siklus dua kali pertemuan, dimana pada tiap siklus memiliki empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan
refleksi. Data penelitian ini diambil dari hasil observasi, hasil tes pengetahuan dan sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar pengetahuan (kognitif)
siswa pada siklus I menunjukkan hasil nilai rata-rata sebesar 75 dengan tingkat ketuntasan klasikal 71,4% , kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi
84,4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 100%. Selanjutnya nilai hasil belajar sikap (Afektif) siswa pada siklus I pertemuan pertama menunjukkan hasil nilai rata-rata siswa mencapai 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 82,8%, kemudian pada pertemuan kedua naik menjadi 79 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85,7%. Selanjutnya nilai hasil belajar pada siklus II pertemuan pertama menunjukkan hasil
nilai rata-rata siswa mencapai 88 dengan tingkat ketuntasan klasikal 100%, keudian pada pertemuan kedua nilia rata-rata siswa naik menjadi 95 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran teams games tournament dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan jemabatan pada siswa kelas XI DPIB SMK N 14 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Aktivitas Belajar Sikap; Pengetahuan Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:03 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55475 |