Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pemeliharan Chasis dan Pemindah Tenaga pada Siswa Kelas XI Teknik Kenderaan Ringan SMK Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Nasution, Muhammad Reza Saputra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pemeliharan Chasis dan Pemindah Tenaga pada Siswa Kelas XI Teknik Kenderaan Ringan SMK Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183122013_Cover.pdf] Text
5183122013_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5183122013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183122013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 5183122013_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183122013_Kata_Pengantar.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 5183122013_Abstrak.pdf] Text
5183122013_Abstrak.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 5183122013_Daftar_Isi.pdf] Text
5183122013_Daftar_Isi.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 5183122013_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183122013_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5183122013_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183122013_Daftar_Gambar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5183122013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183122013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5183122013_BAB_I.pdf] Text
5183122013_BAB_I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 5183122013_BAB_V.pdf] Text
5183122013_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 5183122013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183122013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (144kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Dua kelas pada penelitian ini mendapatkan perlakuan yang
berbeda-beda. Tes diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran chasis dan pemindah tenaga. Desain dua kelompok, sebelum dan sesudah tes digunakan untuk penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa untuk kelas XI TKR SMK Negeri 14 Medan hasil belajar posttest siswa pada mata pelajaran program keahlian TKR dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning rata-rata sebesar 85, standar deviasi yaitu 6,77, nilai minimum 75 dan nilai maksimum 95. Siswa kelas XI program keahlian TKR di SMK Negeri 14 Medan mencapai rata-rata hasil belajar posttest
sebesar 72,60 dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, serta standar deviasi yaitu 8,55, nilai minimum 60 dan nilai maksimum 85. Terdapat perbedaan hasil belajar program keahlian TKR yang diajarkan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 14 Medan. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel (6,137 > 1,296)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Discovery Leraning; Chasis; Pemindah Tenaga
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:30
Last Modified: 24 Apr 2024 06:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55470

Actions (login required)

View Item
View Item