Nasution, Muhammad Reza Saputra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pemeliharan Chasis dan Pemindah Tenaga pada Siswa Kelas XI Teknik Kenderaan Ringan SMK Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183122013_Cover.pdf
Download (209kB)
5183122013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (683kB)
5183122013_Kata_Pengantar.pdf
Download (660kB)
5183122013_Abstrak.pdf
Download (318kB)
5183122013_Daftar_Isi.pdf
Download (343kB)
5183122013_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
5183122013_Daftar_Gambar.pdf
Download (175kB)
5183122013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (175kB)
5183122013_BAB_I.pdf
Download (327kB)
5183122013_BAB_V.pdf
Download (142kB)
5183122013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (144kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Dua kelas pada penelitian ini mendapatkan perlakuan yang
berbeda-beda. Tes diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran chasis dan pemindah tenaga. Desain dua kelompok, sebelum dan sesudah tes digunakan untuk penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa untuk kelas XI TKR SMK Negeri 14 Medan hasil belajar posttest siswa pada mata pelajaran program keahlian TKR dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning rata-rata sebesar 85, standar deviasi yaitu 6,77, nilai minimum 75 dan nilai maksimum 95. Siswa kelas XI program keahlian TKR di SMK Negeri 14 Medan mencapai rata-rata hasil belajar posttest
sebesar 72,60 dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, serta standar deviasi yaitu 8,55, nilai minimum 60 dan nilai maksimum 85. Terdapat perbedaan hasil belajar program keahlian TKR yang diajarkan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 14 Medan. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel (6,137 > 1,296)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Problem Based Learning; Discovery Leraning; Chasis; Pemindah Tenaga |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55470 |