Gultom, Diva Karen (2023) Pengaruh Penggunaan Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Swasta Methodist 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2191111014 COVER.pdf
Download (59kB)
2. NIM.2191111014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (5MB)
3. NIM.2191111014 ABSTRACT.pdf
Download (146kB)
4. NIM.2191111014 PREFACE.pdf
Download (163kB)
5. NIM.2191111014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (115kB)
6. NIM.2191111014 LIST OF TABLE.pdf
Download (85kB)
7. NIM.2191111014 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (82kB)
8. NIM.2191111014 CHAPTER I.pdf
Download (406kB)
12. NIM.2191111014 CHAPTER V.pdf
Download (112kB)
13. NIM.2191111014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1)Mengetahui kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 sebelum menggunakan media film dokumenter. (2) Mengetahui kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan menggunakan media pembelajaran media film dokumenter (3) Mengetahui pengaruh penggunaan media film dokumenter terhadapkemampuan menulis teks biografi siswa
kelas X SMA Swasta Methodist 7 Medan Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Methodist 7
Medan berjumlah 25 Siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenits
dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis teks biografi sebelum menerapkan perlakuan yaitu 61,2 tergolong dalam kategori kurang dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) Yaitu 75 sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks biografi dengan menerapkan perlakuan yaitu 81 tergolong ke dalam kategori baik dan sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarakan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi � = 0,05 dengan dk = N-1=25-1= 24 , sehingga diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,040. Dengan demikian disimpulkan thitung > ttabel yakni 0,106 > 0,173 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Film Dokumenter terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswakelas X SMA Swasta Methodist 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Media Film Dokumenter, menulis teks biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55452 |