Erawati, Melani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika dan Minuman Tradisional Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173344023_Cover.pdf
Download (233kB)
5173344023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (801kB)
5173344023_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
5173344023_Abstrak.pdf
Download (209kB)
5173344023_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
5173344023_Daftar_Tabel.pdf
Download (53kB)
5173344023_Daftar_Gambar.pdf
Download (80kB)
5173344023_BAB_I.pdf
Download (351kB)
5173344023_BAB_V.pdf
Download (144kB)
5173344023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (266kB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah (1) Untuk Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika Dan Minuman Tradisional Program Studi Pendidikan Tata Rias. (2) Untuk Mengetahui Kelayakan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika Dan
Minuman Tradisional Program Studi Pendidikan Tata Rias.
Metode penelitian menggunakan research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa Pendidikan tata rias stambuk 2021 Universitas Negeri Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Pada hasil analisis kebutuhan dosen diperoleh rata-rata 74% dengan kategori “Setuju” dan hasil analisis kebutuhan mahasiswa diperoleh rata-rata 87,6% dengan kategori “Setuju”. Uji validasi yang dilakukan oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media yang berkompeten di bidangnya, selanjutnya melakukan uji coba produk kelompok kecil, sedang dan besar.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif kosmetika dan minuman tradisional menunjukkan bahwasannya berdasarkan validasi penilaian oleh ahli materi untuk menentukan kelayakan produk diperoleh rata-rata 91,6% dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian oleh ahli media diperoleh rata-rata 97,7% dengan kategori “Sangat Baik”. Pada aspek uji coba untuk menentukan pengembangan
produk dilakukan uji coba kelompok kecil berjumlah 6 orang mahasiswa diperoleh presentase sebesar 88,6% masuk kedalam kategori “Baik”. Pada uji coba kelompok sedang yang berjumlah 12 orang mahasiswa diperoleh mahasiswa presentase sebesar 89,2% masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba kelompok besar yang berjumlah 67 orang mahasiswa diperoleh presentase sebesar 92,1% masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Dari hasil pengembangan produk dan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, media, uji coba kelompok kecil, sedang dan besar dapat diperoleh kesimpulan bahwa media interaktif kosmetika dan minuman tradisional
dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : pengembangan, media interaktif, kosmetika dan minuman tradisional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Media interaktif; Kosmetika tradisional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 05:33 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55450 |