Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika dan Minuman Tradisional Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan

Erawati, Melani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika dan Minuman Tradisional Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173344023_Cover.pdf] Text
5173344023_Cover.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 5173344023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173344023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of 5173344023_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173344023_Kata_Pengantar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 5173344023_Abstrak.pdf] Text
5173344023_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5173344023_Daftar_Isi.pdf] Text
5173344023_Daftar_Isi.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 5173344023_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173344023_Daftar_Tabel.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 5173344023_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173344023_Daftar_Gambar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 5173344023_BAB_I.pdf] Text
5173344023_BAB_I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 5173344023_BAB_V.pdf] Text
5173344023_BAB_V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 5173344023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173344023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (266kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah (1) Untuk Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika Dan Minuman Tradisional Program Studi Pendidikan Tata Rias. (2) Untuk Mengetahui Kelayakan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kosmetika Dan
Minuman Tradisional Program Studi Pendidikan Tata Rias.
Metode penelitian menggunakan research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa Pendidikan tata rias stambuk 2021 Universitas Negeri Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Pada hasil analisis kebutuhan dosen diperoleh rata-rata 74% dengan kategori “Setuju” dan hasil analisis kebutuhan mahasiswa diperoleh rata-rata 87,6% dengan kategori “Setuju”. Uji validasi yang dilakukan oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media yang berkompeten di bidangnya, selanjutnya melakukan uji coba produk kelompok kecil, sedang dan besar.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif kosmetika dan minuman tradisional menunjukkan bahwasannya berdasarkan validasi penilaian oleh ahli materi untuk menentukan kelayakan produk diperoleh rata-rata 91,6% dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian oleh ahli media diperoleh rata-rata 97,7% dengan kategori “Sangat Baik”. Pada aspek uji coba untuk menentukan pengembangan
produk dilakukan uji coba kelompok kecil berjumlah 6 orang mahasiswa diperoleh presentase sebesar 88,6% masuk kedalam kategori “Baik”. Pada uji coba kelompok sedang yang berjumlah 12 orang mahasiswa diperoleh mahasiswa presentase sebesar 89,2% masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba kelompok besar yang berjumlah 67 orang mahasiswa diperoleh presentase sebesar 92,1% masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Dari hasil pengembangan produk dan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, media, uji coba kelompok kecil, sedang dan besar dapat diperoleh kesimpulan bahwa media interaktif kosmetika dan minuman tradisional
dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : pengembangan, media interaktif, kosmetika dan minuman tradisional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Media interaktif; Kosmetika tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 05:33
Last Modified: 24 Apr 2024 05:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55450

Actions (login required)

View Item
View Item