Sagala, Seri Justina (2013) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONALISME GURU DI SMK KI HAJAR DEWANTARA KOTAPINANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 08116132012 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 08116132012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM 08116132012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 08116132012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 08116132012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 08116132012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 08116132012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 08116132012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 08116132012 BAB I.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
13. NIM 08116132012 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 08116132012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan suatu survey yang bertujuan untuk mengetahui : (1) pengembangan kemampuan profesionalisme guru (2) praktik-praktik pengembangan kemampuan profesionalisme guru (3) faktor pendukung dan penghambat pengembangan kemampuan profesionalisme guru SMK Ki Hajar Dewantara Kota Pinang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode ini didasarkan pada fokus penelitian yang menuntut peneliti melakukan eksplorasi untuk memahami dan menjelaskan masalah yang diteliti melalui hubungan intensif dengan sumber data yaitu : kepala sekolah, guru-guru, dan peserta didik. Untuk mendapatkan data yang benar dan akurat dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut : observasi, wawancara, studi dokumen, dan teknik analisa data. Penelusuran informasi dihentikan apabila tidak ditemukan lagi data yang baru atau sampai mendapatkan data yang sebenarnya (data jenuh).
Temuan penelitian ini mengungkapkan berdasarkan hasil pengamatan wawancara dan dokumentasi peneliti mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, dan ketua yayasan dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan kemampuan profesionalisme guru selalu memberi motivasi belajar dan membangun semangat siswa untuk mendukung masa depan anak didik sesuai dengan karakter anak tersebut; (2) praktik - praktik pengembangan kemampuan profesionalisme guru seperti: diklat, seminar, penataran, workshop, musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) (3) faktor pendukung dan penghambat pengembangan kemampuan profesionalisme guru yaitu faktor eksternal dan internal guru. Eksternal guru seperti: sarana/prasarana, dana, lingkungan. sedangkan internal guru yaitu kemauan guru sendiri. Dengan terpenuhinya faktor pendukung eksternal dan internal guru maka akan meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan, apabila terjadi kesenjangan antara faktor pendukung dengan penghambat maka akan mengganggu praktik proses belajar mengajar seperti : pembuatan RPP , pelaksanaan KBM , pengevaluasian , penyusunan silabus.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan profesionalisme guru SMK Ki Hajar Dewantara Kotapinang sudah baik. Saran : supaya tetap mempertahankan dan meningkatkan secara terus menerus pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas profesi guru sebagai pendidik, pengajar dan pelatih mewujudkan visi, misi dan tujuan SMK Ki Hajar Dewantara Kotapinang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.11 Sag p |
Keywords: | Profesionalisme guru; Praktik pengembangan; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Jun 2016 04:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5545 |