Pengaruh Model Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan

Isyaratih, Mardatilah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193111019_Cover.pdf] Text
5193111019_Cover.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5193111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 5193111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5193111019_Abstrak.pdf] Text
5193111019_Abstrak.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5193111019_Daftar_Isi.pdf] Text
5193111019_Daftar_Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 5193111019_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193111019_Daftar_Tabel.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5193111019_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193111019_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 5193111019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193111019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5193111019_BAB_I.pdf] Text
5193111019_BAB_I.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 5193111019_BAB_V.pdf] Text
5193111019_BAB_V.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 5193111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh model pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap hasil belajar estimasi biaya konstruksi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan. Sampel
penelitian ini adalah kelas XI DPIB 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran MURDER berjumlah 36 siswa dan sebagai kelas kontrol model pembelajaran konvensional adalah kelas XI DPIB 3 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar estimasi biaya konstruksi dari 35 butir soal yang diujicobakan diperoleh 25 butir soal yang valid dengan koefisien reabilitas 0,895 termaksud dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan ANAVA hasil belajar diperoleh �ℎ����� = 15,350 lebih besar dari F����� = 3,98. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran MURDER memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar estimasi biaya konstruksi. Kemudian dilanjutkan uji-t, di peroleh harga �ℎ�����> ������yaitu
3,896 >1,667 pada taraf signifikan a = 0,05. Sehingga �� diterima dan �� ditolak yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MURDER lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar estimasi biaya konstruksi .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mood; Understand; Recall; Digest; Expand; Review (MURDER); Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:11
Last Modified: 24 Apr 2024 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55442

Actions (login required)

View Item
View Item