Isyaratih, Mardatilah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193111019_Cover.pdf
Download (71kB)
5193111019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (364kB)
5193111019_Kata_Pengantar.pdf
Download (195kB)
5193111019_Abstrak.pdf
Download (148kB)
5193111019_Daftar_Isi.pdf
Download (190kB)
5193111019_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
5193111019_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
5193111019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
5193111019_BAB_I.pdf
Download (416kB)
5193111019_BAB_V.pdf
Download (258kB)
5193111019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (152kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh model pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap hasil belajar estimasi biaya konstruksi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan. Sampel
penelitian ini adalah kelas XI DPIB 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran MURDER berjumlah 36 siswa dan sebagai kelas kontrol model pembelajaran konvensional adalah kelas XI DPIB 3 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar estimasi biaya konstruksi dari 35 butir soal yang diujicobakan diperoleh 25 butir soal yang valid dengan koefisien reabilitas 0,895 termaksud dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan ANAVA hasil belajar diperoleh �ℎ����� = 15,350 lebih besar dari F����� = 3,98. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran MURDER memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar estimasi biaya konstruksi. Kemudian dilanjutkan uji-t, di peroleh harga �ℎ�����> ������yaitu
3,896 >1,667 pada taraf signifikan a = 0,05. Sehingga �� diterima dan �� ditolak yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MURDER lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar estimasi biaya konstruksi .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mood; Understand; Recall; Digest; Expand; Review (MURDER); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:11 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55442 |