Maulana, Diaz (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Berita Berbantuan Aplikasi Filmorago Kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Pangkalan Brandan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411004 COVER.pdf
Download (67kB)
2. NIM.2192411004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2192411004 ABSTRACT.pdf
Download (232kB)
4. NIM.2192411004 PREFACE.pdf
Download (696kB)
5. NIM.2192411004 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (342kB)
6. NIM.2192411004 LIST OF TABLE.pdf
Download (34kB)
7. NIM.2192411004 LIST OF FIGURE.pdf
Download (33kB)
8. NIM.2192411004 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (33kB)
9. NIM.2192411004 CHAPTER I.pdf
Download (429kB)
13. NIM.2192411004 CHAPTER V.pdf
Download (166kB)
14. NIM.2192411004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Filmorago, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Filmorago, dan (3) mendeskripsikan kelayakan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Filmorago. Pengembangan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Filmorago menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono, yaitu melalui tahap analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi dan tahap uji coba. Tahap validasi
menyertakan dosen ahli materi dan dosen ahli media untuk mengevaluasi kelayakan materi dan kelayakan media. Sampel penelitian ini adalah 37 siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Pangkalan Brandan menggunakan teknik Purpossive Sample. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian berupa lembar angket
validasi ahli materi dan ahli media menggunakan perhitungan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan produk dari materi ajar teks berita berbasis aplikasi Filmorago mendapatkan hasil penelitian dengan kriteria “Sangat Baik” dengan rata-rata
90%, dengan hasil dari ahli materi sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik” serta hasil dari ahli media sebesar 82% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga materi ajar layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran. Hasil ujicoba produk mendapatkan penilaian dari guru sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Baik” dan penilaian siswa sebesar 90% dengan kriteria”Sangat Baik”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Materi Ajar, Teks Berita, Aplikasi Filmorago |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55441 |