Anhar, Muhammad Fahrial (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practic Rehearsal Pairs (PRP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Pada Siswa Kelas XII TKRO di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191122001_Cover.pdf
Download (70kB)
5191122001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (706kB)
5191122001_Kata_Pengantar.pdf
Download (449kB)
5191122001_Abstrak.pdf
Download (83kB)
5191122001_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
5191122001_Daftar_Tabel.pdf
Download (149kB)
5191122001_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
5191122001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (150kB)
5191122001_BAB_I.pdf
Download (330kB)
5191122001_BAB_V.pdf
Download (174kB)
5191122001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (99kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui Model pembelajaran kooperatif tipe Practice Rehearsal Pairs pada siswa kelas XII TKRO pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Riset). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKRO di Smk Negeri 14 Medan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (59,3%) dan siklus II (83,2%). Hasil belajar siswa
mengalami peningkatan pada siklus I yaitu siswa yang menyelesaikan pretest sebesar 28,12% (9 siswa), siswa yang tuntas posttest sebanyak 62,5% (20 siswa) kemudian meningkat menjadi 87,5% (28 siswa) pada siklus II, dengan indikator
ketercapaian hasil belajar melebihi yang ditentukan yaitu 80% dari seluruh siswa dengan mendapatkan skor >75. Berdasarkan hasil penelitian bisa Disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe Practice Rehearsal Pairs pada siswa kelas XII TKRO di Smk Negeri 14 Medan pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan indikator keberhasilan belajar siswa sebesar 70% siswa secara
keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model pembelajaran; Practic Rehearsal Pairs |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:54 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55431 |