Mustika, Dewi Meizar (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Fabel Berbasis Aplikasi Flipaclip Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangko Pusako. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2183111067 COVER.pdf
Download (184kB)
2. NIM.2183111067 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2183111067 ABSTRACT.pdf
Download (141kB)
4. NIM.2183111067 PREFACE.pdf
Download (673kB)
5. NIM.2183111067 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (109kB)
6. NIM.2183111067 LIST OF TABLE.pdf
Download (78kB)
7. NIM.2183111067 LIST OF FIGURE.pdf
Download (86kB)
8. NIM.2183111067 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (68kB)
9. NIM.2183111067 CHAPTER I.pdf
Download (471kB)
13. NIM.2183111067 CHAPTER V.pdf
Download (153kB)
14. NIM.2183111067 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (191kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan, bentuk, serta kelayakan materi ajar teks fabel berbasis aplikasi flipaclip kelas VII SMP Negeri 1 Bangko Pusako. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) berdasarkan model yang dikembangkan oleh Borg and Garl yang dimodifikasi oleh Sugiyono serta dirancang sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian ini. Adapun tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah a) analisis potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain, f) uji coba produk. Penilaian produk yang dikembangkan dilakukan oleh duah ahli, yaitu ahli materi dan ahli media, yang kemudian dilanjutkan dengan penilaian
oleh guru serta reason siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penelitian ini berlandaskan oleh kebutuhan siswa dan guru terhadap materi ajar teks fabel dalam bentuk video pembelajaran dengan berbantuan aplikasi flipaclip. (2) materi ajar teks fabel bebasis aplikasi flipaclip untuk siswa kelas VII dikembangkan dalam bentuk video pembelajaran dengan materi teks fabel KD 3.16. (3) Hasil validasi ahli materi menunjukan bahwa materi ajar berstatus “layak digunakan tanpa revisi” dengan skor rata-rata 80% dengan kriteria “sangat baik”. Kemudian hasil validasi ahli media dengan status “layak digunakan tanpa revisi” dengan skor rata-rata 82,89% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya penilaian guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Bangko Pusako memperoleh nilai rata-rata 92,3% dengan kriterian “sangat baik”. Kemudian uji coba dalam bentuk respon siswa memperoleh skor rata-rata 87,73% dengan kriteria “sangat baik”. (4) hasil belajar siswa sebelum menggunakan materi ajar flipaclip berbasis aplikasi flipaclip memperoleh skor rata-rata 41,5% dengan kategori “kurang” yang artinya nilai
yang dicapai siswa perlu ditingkatkan lagi. Kemudian hasil belajar siswa setelah menggunakan materi ajar teks fabel berbasis aplikasi flipaclip mendapatkan skor rata-rata 90,33% dengan kategori “sangat baik” yang artinya nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan lebih dari nilai sebelum menggunakan produk yang dikembangkan. Maka berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa materi ajar yang dikembangkan valid dengan status layak digunakan dengan kriteria sangat baik serta dapat digunakan sebagai materi pendukung pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks fabel kelas VII
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | materi ajar, flipaclip, teks fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:51 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55425 |