Azmi, Khairul (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183151034_Cover.pdf
Download (48kB)
5183151034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (627kB)
5183151034_Kata_Pengantar.pdf
Download (512kB)
5183151034_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5183151034_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
5183151034_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
5183151034_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
5183151034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
5183151034_BAB_I.pdf
Download (365kB)
5183151034_BAB_V.pdf
Download (203kB)
5183151034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (313kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL SMK Negeri 14 Medan efektif dan diterima siswa. Selain itu, ini bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. E-Modul yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli modul, dua ahli materi, dan dua ahli media. Kemudian dilakukan uji coba akseptabilitas siswa yang dilakukan kepada 24 siswa kelas XI RPL SMK Negeri 14 Medan. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas terhadap siswa kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan E-Modul didapatkan dari 2 ahli modul sebesar 4,2 dengan persentase 84,5% di kriteria layak. Hasil penelitian
kelayakan E-Modul didapatkan dari 2 ahli materi sebesar 4,6 dengan persentase 91,9% di kriteria sangat layak. Hasil penelitian kelayakan E-Modul didapatkan dari 2 ahli materi sebesar 4,3 dengan persentase 86,9% di kriteria sangat layak. Untuk uji akseptabilitas yang dilakukan didapatkan rata-rata 4,3 dengan persentase 86,1% di kriteria sangat layak. Hasil penelitian efektivitas menganalisis data menggunakan uji independent T test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas berbantuan SPSS statistics versi 20. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka hipotesis H0 di tolak dan H1 diterima, artinya Artinya adanya pengaruh hasil belajar menggunakan E Modul pemrograman berorientasi objek berbasis project based learning dengan tidak memakai E-Modul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E-Modul Pembelajaran; Project Based Learning; ADDIE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:40 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55393 |