Sinaga, Renita (2022) Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD Negeri 091466 Girsang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311071_COVER.pdf
Download (55kB)
2. NIM. 1183311071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (315kB)
3. NIM. 1183311071_ABSTRAK.pdf
Download (217kB)
4. NIM. 1183311071_KATA PENGANTAR.pdf
Download (274kB)
5. NIM. 1183311071_DAFTAR ISI.pdf
Download (146kB)
6. NIM. 1183311071_DAFTAR TABEL.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 1183311071_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (113kB)
8. NIM. 1183311071_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 1183311071_BAB I.pdf
Download (484kB)
13. NIM. 1183311071_BAB V.pdf
Download (129kB)
14. NIM. 1183311071_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media Pop-Up Book yang layak digunakan dalam pembelajaran tema 1 sub tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV Di SD Negeri 091466 Girsang. (2) Menganalisis respon pendidik dan peserta didik terhadap media Pop-Up Book dalam pembelajaran tema 1 sub tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV Di SD Negeri 091466 Girsang terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian dan
pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 4 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 091466 Girsang yang berjumlah 15
orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media yang telah dikembangkan dinilai layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil penilaian validasi materi yakni sebesar 90,66% yang berada pada kategori “sangat layak”. Kemudian persentase ahli media sebesar 94% yang berada pada kategori “sangat
layak”. Hasil penilaian kelayakan media juga diukur dengan angket respon siswa dengan memperoleh skor sebesar 88% dan validasi oleh guru wali kelas dengan perolehan skor sebesar 90,66% dan tergolong dalam kategori “sangat layak”.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan bagi pendidik agar dapat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam mengembangkan media pembelajaran serta dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik,
inovatif, dan kreatif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Kelayakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:23 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55380 |