Sihombing, Josep Sm (2023) Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183121018_Cover.pdf
Download (62kB)
5183121018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5183121018_Kata_Pengantar.pdf
Download (247kB)
5183121018_Abstrak.pdf
Download (147kB)
5183121018_Daftar_Isi.pdf
Download (65kB)
5183121018_Daftar_Tabel.pdf
Download (117kB)
5183121018_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
5183121018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (117kB)
5183121018_BAB_I.pdf
Download (383kB)
5183121018_BAB_V.pdf
Download (248kB)
5183121018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil beajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Dwiwarna Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik pada siswa kelas X
Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Dwiwarna. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Sehingga jumlah sampel sebanyak 21 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari hasil korelasi product moment yang menunjukkan rhitung > rtabel (0,860>0,432) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), untuk uji
hipotesis antara disiplin terhadap hasil belajar menunjukkan nilai rhitung > rtabel (0,798>0,432) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Dan untuk uji hipotesis secara simultan antara motivasi belajar, dan disiplin terhadap hasil belajar yakni Fhitung sebesar 34,092 > 3,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, dan disiplin memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Dwi Warna Medan secara parsial dan simultan. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,791 atau 79,1 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan hubungan yang diberikan oleh variabel motivasi belajar, dan disiplin memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 79,1 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar; Disiplin; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ227 Machine design and drawing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:51 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55378 |