Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN

Sihombing, Josep Sm (2023) Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183121018_Cover.pdf] Text
5183121018_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5183121018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183121018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5183121018_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183121018_Kata_Pengantar.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 5183121018_Abstrak.pdf] Text
5183121018_Abstrak.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5183121018_Daftar_Isi.pdf] Text
5183121018_Daftar_Isi.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 5183121018_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183121018_Daftar_Tabel.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 5183121018_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183121018_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 5183121018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183121018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 5183121018_BAB_I.pdf] Text
5183121018_BAB_I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 5183121018_BAB_V.pdf] Text
5183121018_BAB_V.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 5183121018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183121018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil beajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Dwiwarna Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik pada siswa kelas X
Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Dwiwarna. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Sehingga jumlah sampel sebanyak 21 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari hasil korelasi product moment yang menunjukkan rhitung > rtabel (0,860>0,432) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), untuk uji
hipotesis antara disiplin terhadap hasil belajar menunjukkan nilai rhitung > rtabel (0,798>0,432) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Dan untuk uji hipotesis secara simultan antara motivasi belajar, dan disiplin terhadap hasil belajar yakni Fhitung sebesar 34,092 > 3,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, dan disiplin memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Dwi Warna Medan secara parsial dan simultan. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,791 atau 79,1 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan hubungan yang diberikan oleh variabel motivasi belajar, dan disiplin memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 79,1 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi Belajar; Disiplin; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ227 Machine design and drawing
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:51
Last Modified: 24 Apr 2024 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55378

Actions (login required)

View Item
View Item