Nababan, Donus A. (2023) Hubungan Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Lapangan Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan Di SMK Multi Karya Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5173321016 COVER.pdf
Download (156kB)
2. NIM 5173321016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (399kB)
3. NIM 5173321016 ABSTRACT.pdf
Download (149kB)
4. NIM 5173321016 PREFACE.pdf
Download (228kB)
5. NIM 5173321016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (241kB)
6. NIM 5173321016 TABLES.pdf
Download (119kB)
7. NIM 5173321016 APPENDICES.pdf
Download (117kB)
8. NIM 5173321016 CHAPTER I.pdf
Download (450kB)
12. NIM 5173321016 CHAPTER V.pdf
Download (251kB)
13. NIM 5173321016 BIBLIOGRPAHY.pdf
Download (280kB)
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar Siswa
Kelas XI Teknik Pemesinan Di SMK Multi Karya Medan. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui besarnya Hubungan Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman
Praktik Industri Terhadap Motivasi Belajar. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
total sampling. Sehingga jumlah sampel sebanyak 60 orang. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala model likert.
Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan Korelasi Linier
Berganda pada penenlitian ini berarti ada hubungan positif dan signifikan variabel
Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Industri Terhadap Motivasi
Belajar siswa. Pengujian secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis antara
Pengetahuan Dunia Kerja terhadap motivasi belajar menunjukan nilai rhitung 0,850
> rtabel sebesar 0,254 dengan sig 0,000, untuk uji hipotesis antara Pengalaman
Praktik Industri terhadap motivasi belajar menunjukkan nilai rhitung 0,829 > rtabel
sebesar 0,254 dengan sig 0,000, dan uji F diperoleh nilai Fhitung 88,245 > Ftabel
3,16 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis secara simultan antara Pengetahuan
Dunia Kerja, dan Pengalaman Praktik Industri terhadap motivasi belajar. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Dunia Kerja, dan Pengalaman
Praktik Industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar
Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan Di Smk Multi Karya Medan. Koefisien
determinasi (R2
) yang diperoleh sebesar 0,756 atau 75,6 % dimana hal ini
menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel
Pengetahuan Dunia Kerja, dan Pengalaman Praktik Industri terhadap motivasi
belajar sebesar 75,6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengetahuan Dunia Kerja; Pengalaman Praktik Industri; Motivasi Belajar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:46 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55375 |