Hubungan Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Lapangan Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan Di SMK Multi Karya Medan

Nababan, Donus A. (2023) Hubungan Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Lapangan Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan Di SMK Multi Karya Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5173321016 COVER.pdf] Text
1. NIM 5173321016 COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 2.  NIM 5173321016 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5173321016 APPROVAL SHEET.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 3. NIM 5173321016 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5173321016 ABSTRACT.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. NIM 5173321016 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5173321016 PREFACE.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 5. NIM 5173321016 TABLE  OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5173321016 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 6. NIM 5173321016 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5173321016 TABLES.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 7. NIM 5173321016 APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 5173321016 APPENDICES.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 8. NIM 5173321016 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 5173321016 CHAPTER I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 12. NIM 5173321016 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 5173321016 CHAPTER V.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 13. NIM 5173321016 BIBLIOGRPAHY.pdf] Text
13. NIM 5173321016 BIBLIOGRPAHY.pdf

Download (280kB)

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar Siswa
Kelas XI Teknik Pemesinan Di SMK Multi Karya Medan. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui besarnya Hubungan Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman
Praktik Industri Terhadap Motivasi Belajar. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
total sampling. Sehingga jumlah sampel sebanyak 60 orang. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala model likert.
Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan Korelasi Linier
Berganda pada penenlitian ini berarti ada hubungan positif dan signifikan variabel
Pengetahuan Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Industri Terhadap Motivasi
Belajar siswa. Pengujian secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis antara
Pengetahuan Dunia Kerja terhadap motivasi belajar menunjukan nilai rhitung 0,850
> rtabel sebesar 0,254 dengan sig 0,000, untuk uji hipotesis antara Pengalaman
Praktik Industri terhadap motivasi belajar menunjukkan nilai rhitung 0,829 > rtabel
sebesar 0,254 dengan sig 0,000, dan uji F diperoleh nilai Fhitung 88,245 > Ftabel
3,16 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis secara simultan antara Pengetahuan
Dunia Kerja, dan Pengalaman Praktik Industri terhadap motivasi belajar. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Dunia Kerja, dan Pengalaman
Praktik Industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar
Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan Di Smk Multi Karya Medan. Koefisien
determinasi (R2
) yang diperoleh sebesar 0,756 atau 75,6 % dimana hal ini
menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel
Pengetahuan Dunia Kerja, dan Pengalaman Praktik Industri terhadap motivasi
belajar sebesar 75,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengetahuan Dunia Kerja; Pengalaman Praktik Industri; Motivasi Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:46
Last Modified: 24 Apr 2024 01:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55375

Actions (login required)

View Item
View Item