Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI di SMK Swasta Dwiwarna Medan

Khomeny, Imam (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI di SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173331016_Cover.pdf] Text
5173331016_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5173331016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173331016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of 5173331016_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173331016_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5173331016_Abstrak.pdf] Text
5173331016_Abstrak.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 5173331016_Daftar_Isi.pdf] Text
5173331016_Daftar_Isi.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 5173331016_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173331016_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 5173331016_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173331016_Daftar_Gambar.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5173331016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173331016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 5173331016_BAB_I.pdf] Text
5173331016_BAB_I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 5173331016_BAB_V.pdf] Text
5173331016_BAB_V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5173331016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173331016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Prosedur
pengembangan Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis pengembangan. Model pengembangan yang dilakukan adalah model pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation) dan (5) Evaluasi (Evalutation). Penelitian ini dilakukan pada kelas XI fase F di SMK Swasta Dwiwarna Medan. Uji kelayakan produk dinilai oleh ahli materi dan ahli media serta dilakukan kuesioner respon siswa. Teknik
analisis data menggunakan instrumen angket yang kemudian akan dikategorikan berdasarkan skala likert. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan modul pembelajaran disusun berdasarkan sintaks silabus, kompetensi inti (KI), tujuan, manfaat materi dan soal latihan (2) hasil uji kelayakan oleh dua ahli materi mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak dan dua ahli media dengan persentase sebesar 93% dengan kategori sangan layak (3) uji coba kelayakan modul oleh siswa ditinjau dari aspek kualitas penyajian, bahasa,
grafika, dan kemanfaatan memperoleh persentase sebesar 81,50% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Modul Pembelajaran; Instalasi Tenaga Listrik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:11
Last Modified: 24 Apr 2024 01:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55368

Actions (login required)

View Item
View Item