Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Informatika Untuk Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

RAJAGUKGUK, IKA WIDAYANTI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Informatika Untuk Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183351001_Cover.pdf] Text
5183351001_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 5183351001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183351001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of 5183351001_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183351001_Kata_Pengantar.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 5183351001_Abstrak.pdf] Text
5183351001_Abstrak.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 5183351001_Daftar_Isi.pdf] Text
5183351001_Daftar_Isi.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 5183351001_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183351001_Daftar_Tabel.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5183351001_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183351001_Daftar_Gambar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5183351001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183351001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5183351001_BAB_I.pdf] Text
5183351001_BAB_I.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 5183351001_BAB_V.pdf] Text
5183351001_BAB_V.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 5183351001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183351001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan model discovery learning pada mata pelajaran informatika. Penelitian ini dilakukan pada kelas X TKJ 1 yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen SMKN 1 Percut Sei Tuan. Berdasarkan masalah di SMKN 1 Percut Sei Tuan diperoleh data yakni: sekolah belum
memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, belum optimal penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran informatika yang dapat
diakses melalui android. Guru lebih menyukai metode konvensional yaitu ceramah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penggunaan metode ceramah menjadikan siswa/i
sebagai pendengar yang pasif, sehingga siswa/i cenderung bosan dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Akhirnya siswa/i tidak sepenuhnya memahami
materi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media, peningkatan pemahaman siswa/i dan tanggapan siswa/i terhadap media yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh 4,36 dengan kategori “Sangat Layak”
untuk ahli media, 4,64 dengan kategori “Sangat Layak” untuk ahli materi, dan 4,61 dengan kategori “Sangat Layak” untuk akseptansi peserta didik. Pada instrument penelitian menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media. Uji independent sample t-test menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang
signifikan pada hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah bahwa proses belajar pada
kelompok eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan efektif yang ditunjukan dari hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif; Discovery Learning; Informatika; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 00:56
Last Modified: 24 Apr 2024 00:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55365

Actions (login required)

View Item
View Item