Gea, Besinaria (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Deli Tua Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111033 COVER.pdf
Download (217kB)
2. NIM.2193111033 APPROVAL SHEET.pdf
Download (605kB)
3. NIM.2193111033 ABSTRACT.pdf
Download (295kB)
4. NIM.2193111033 PREFACE.pdf
Download (245kB)
5. NIM.2193111033 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (237kB)
6. NIM.2193111033 LIST OF TABLE.pdf
Download (207kB)
7. NIM.2193111033 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (206kB)
8. NIM.2193111033 CHAPTER I.pdf
Download (486kB)
12. NIM.2193111033 CHAPTER V.pdf
Download (234kB)
13. NIM.2193111033 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (237kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan metode Make A Match terhadap kelas VIII SMP Negeri 1 Delitua tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi setelah menggunakan metode Make A Match terhadap
kelas VIII SMP Negeri 1 Delitua tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Delitua Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode eksperimen dengan
desain One group Pre-tes Pos-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Delitua berjumlah 93 siswa yang terbagi ke dalam 3 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-3 yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menerapkan perlakuan yaitu 53,66 tergolong kedalam kategori kurang sedangkan nilai rata – rata keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menerapkan perlakuan yaitu 84,2 tergolong kedalam kategori baik. Berdasarakan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi � = 0,05 dengan dk = N-1=29, sehingga
diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,045. Dengan demikian disimpulkan thitung > ttabel yakni 15,27 > 2,045 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran OMake A Match terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Delitua Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh, model make a match, menulis teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:43 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55359 |