NAINGGOLAN, HANSRODENJODI (2023) Penerapan Model pembelajaran Team Assisted Individualy (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Kontruksi Bangunan-Pengujian Tanah siswa kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Neger 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183111026_Cover.pdf
Download (38kB)
5183111026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (165kB)
5183111026_Kata_Pengantar.pdf
Download (210kB)
5183111026_Abstrak.pdf
Download (61kB)
5183111026_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
5183111026_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
5183111026_Daftar_Gambar.pdf
Download (30kB)
5183111026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
5183111026_BAB_I.pdf
Download (383kB)
5183111026_BAB_V.pdf
Download (121kB)
5183111026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (74kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran DDKB-PT karena masih terdapat sebanyak 20,88 % siswa tidak dapat memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) <70 . Partisipasi siswa dalam belajar masih cenderung pasif dikarenakan menggunakan model pembelajaran konvesional yaitu ceramah. Guru belum pernah melakukan model pembelajaran Tipe Team Assisted
Individualy (TAI) dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Tipe Team
Assisted Individualy (TAI) pada mata pelajaran Dasar-dasar Kontruksi BangunanPengijian Tanah (DDKB-PT) di kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Binjai.Model ini Diterapkan terhadap siswa kelas X DPIB sebanyak 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain post-test dan pretest. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji Validitas,indeks kesukaran,daya pembeda soal,dan Uji reliabilitas tes.Hasil uji coba tes hasil belajar DDKB-PT dari 24 dengan mengalami perubahan hasil belajar siswa yaitu
pada siklus I nilai perolehan rata-rata 77,14 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai perolehan rata-rata 81,19 yaitu kompeten serta meningkatkan aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang memberikan pengaruh baik terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa, maka diharapkan guru mata pelajaran DDKB-PT dapat menggunakan model pembelajaran Tipe TAI karena dapat dijadikan sebagai model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk penelitian lanjutan dapat dijadikan sebagai tambahan informasi dan referensi penelitian berikutnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe TAI; DDKB-PT; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:22 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55350 |