-, FIRMAN (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5162111002_Cover.pdf
Download (42kB)
5162111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (279kB)
5162111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (209kB)
5162111002_Abstrak.pdf
Download (65kB)
5162111002_Daftar_Isi.pdf
Download (59kB)
5162111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (156kB)
5162111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
5162111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
5162111002_BAB_I.pdf
Download (450kB)
5162111002_BAB_V.pdf
Download (60kB)
5162111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
Abstract
Konstruksi Jalan dan Jembatan merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dalam struktur kurikulum 2013 di SMK Negeri 5 Medan. Sumber belajar yang digunakan guru mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan menggunakan buku cetak dan internet, dan masih ada siswa yang belum memenuhi standart kelulusan yang ditetapkan sekolah. Sehingga perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran agar hasil belajar semakin optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan pada siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan". Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Metode ekperimen yang melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen di ajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Macth dan kelas kontrol di ajarkan menggunakan model Tutor Sebaya. Untuk
mengetahui kemampuan antara kelas ekperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan pemberian pretest yang diberikan pada siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Medan Berdasarkan perhitungan statistik, kelas Make a Match menunjukkan
hasil belajar lebih tinggi dengan rata-rata 60,46 jika dibandingkan dengan hasil belajar kelas tutor sebaya dengan rata-rata 57,69. Dalam pengujian hipotesis terhadap data hasil belajar tersebut terbukti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas Make a Match dengan kelas tutor sebaya. Hal ini juga dapat dilihat dari harga thitung sebesar 0,1859 lebih besar dari tabel sebesar 2,007 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Make A Match; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:39 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55331 |