PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH DI SMA NEGERI 12 MEDANTP 2021 / 2022

Sembiring, Nadia Suranta (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH DI SMA NEGERI 12 MEDANTP 2021 / 2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4183141034 COVER.pdf] Text
1. NIM 4183141034 COVER.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2. NIM 4183141034 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4183141034 APPROVAL SHEET.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 3. NIM 4183141034 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4183141034 ABSTRACT.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4. NIM 4183141034 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4183141034 PREFACE.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 5. NIM 4183141034 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4183141034 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 6. NIM 4183141034 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 4183141034 ILLUSTRATION.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 7. NIM 4183141034  TABLES.pdf] Text
7. NIM 4183141034 TABLES.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 8. NIM 4183141034 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4183141034 APPENDICES.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 9. NIM 4183141034 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4183141034 CHAPTER I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 13. NIM 4183141034 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4183141034 CHAPTER V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 14. NIM 4183141034 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4183141034 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis audiovisual pada materi sistem kekebalan tubuh di kelas XI SMA Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Media Pembelajaran, Guru Bidang Studi Biologi dan Siswa kelas XI MIA SMA Negeri 12 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli, penilaian guru dan respon siswa. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pengembangan intruksional 4D (Four-d) yaitu melalui tahap Define, Design, Development, dan Dissiminate. Karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk media pembelajaran audiovisual yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi diperoleh persentase 100% (Sangat Layak), penilaian ahli media pembelajaran diperoleh persentase 82,81% (Layak). Penilaian guru bidang studi diperoleh persentase
100% (Sangat Baik), sedangkan hasil tanggapan/respon dari siswa diperoleh
persentase 81,66% (Sangat Baik). Hasil dari uji pemahaman media pembelajaran kepada peserta didik berdasarkan nilai pretest diperoleh rata-rata 49,75 (Rendah), sedangkan hasil postest diperoleh rata-rata 76,96 (Tinggi). Media pembelajaran audiovisual materi sistem kekebalan tubuh memperoleh kriteria penilaian Sangat Layak dan telah memenuhi persyaratan dalam proses pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan; Media pembelajaran; Audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:48
Last Modified: 23 Apr 2024 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55314

Actions (login required)

View Item
View Item