Angraini, Arroyo Tita (2023) Pengaruh Teknik Parafrase Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Binjai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111035 COVER.pdf
Download (66kB)
2. NIM.2193111035 APPROVAL SHEET.pdf
Download (540kB)
3. NIM.2193111035 ABSTRACT.pdf
Download (133kB)
4. NIM.2193111035 PREFACE.pdf
Download (178kB)
5. NIM.2193111035 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (107kB)
6. NIM.2193111035 LIST OF TABLE.pdf
Download (54kB)
7. NIM.2193111035 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (74kB)
8. NIM.2193111035 CHAPTER I.pdf
Download (369kB)
12. NIM.2193111035CHAPTER V.pdf
Download (167kB)
13. NIM.2193111035 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (245kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan bagaimana kemampuan menulis siswa kelas XI di SMAN 4 Binjai sebelum menggunakan teknik parafrase, (2) Untuk menjelaskan bagaimana kemampuan menulis siswa kelas XI di SMAN 4 Binjai setelah menggunakan teknik parafrase, (3) Untuk menjabarkan
bagaimana pengaruh teknik parafrase terhadap kemampuan menulis karya ilmiah di SMAN 4 Binjai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Adapun
jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mencakup seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Binjai yang berjumlah sebanyak 170 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam mendukung penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ratarata
keterampilan menulis makalah siswa sebelum menggunakan teknik parafrase memiliki skor sebesar 53,97. Untuk nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan teknik parafrase memperoleh skor sebesar 82,62 dan tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,03 dan hasil thitung = 11,2. Maka thitung >ttabel yakni 11,2 > 2,03, sehingga h0 (hipotesis nihil) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Secara keseluruhan dapat di tarik kesimpulan bahwa pengajaran dengan menggunakan teknik parafrase berpengaruh positif
terhadap kemampuan menulis karya ilmiah makalah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teknik Parafrase, Menulis, Karya Ilmiah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:24 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55305 |