Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Perbandingan dan Skala dengan Tes Diagnostik Miskonsepsi di Kelas V SDN 060848 Medan Petisah T.A. 2021/2022

Siregar, Nurul Aini (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Perbandingan dan Skala dengan Tes Diagnostik Miskonsepsi di Kelas V SDN 060848 Medan Petisah T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 1182111033 COVER.pdf] Text
1. NIM 1182111033 COVER.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2. NIM 1182111033 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 1182111033 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 1182111033 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 1182111033 ABSTRACT.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4. NIM 1182111033 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 1182111033 PREFACE.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5. NIM 1182111033 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 1182111033 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 6. NIM 1182111033 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM 1182111033 LIST OF TABLES.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 7. NIM 1182111033 LIST OF PICTURES.pdf] Text
7. NIM 1182111033 LIST OF PICTURES.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 8. NIM 1182111033 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 1182111033 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 9. NIM 1182111033 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 1182111033 CHAPTER I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 13. NIM 1182111033 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 1182111033 CHAPTER V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 14. NIM 1182111033 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 1182111033 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan jenis miskonsepsi yang dialami siswa dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa materi erbandingan dan skala di kelas V SDN 060848 Jalan Saga Nomor 2, Desa/Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Medan Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 060848 Medan Petisah T.A.
2021/2022 berjumlah 19 orang siswa dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan three tier test dan wawancara. Prosedur penelitian pada penelitian ini meliputi 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Analisis Data, dan 4) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
miskonsepsi pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Persentase siswa yang terindikasi mengalami miskonsepsi sebanyak 17%, terindikasi miskonsepsi false positive sebanyak 22%, dan terindikasi miskonsepsi
false negative sebanyak 12%. Penyebab miskonsepsi adalah tidak utuhnya informasi yang diterima siswa dan kurangnya penguatan informasi melalui bimbingan diluar sekolah. Siswa juga memiliki minat dan kemampuan yang kurang terhadap matematika serta penggunaan media belajar yang terbatas dan jarang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Miskonsepsi; Three Tier Test; Perbandingan dan Skala
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:54
Last Modified: 23 Apr 2024 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55295

Actions (login required)

View Item
View Item