Siregar, Nurul Aini (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Perbandingan dan Skala dengan Tes Diagnostik Miskonsepsi di Kelas V SDN 060848 Medan Petisah T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182111033 COVER.pdf
Download (69kB)
2. NIM 1182111033 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 1182111033 ABSTRACT.pdf
Download (119kB)
4. NIM 1182111033 PREFACE.pdf
Download (206kB)
5. NIM 1182111033 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (123kB)
6. NIM 1182111033 LIST OF TABLES.pdf
Download (87kB)
7. NIM 1182111033 LIST OF PICTURES.pdf
Download (119kB)
8. NIM 1182111033 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (84kB)
9. NIM 1182111033 CHAPTER I.pdf
Download (281kB)
13. NIM 1182111033 CHAPTER V.pdf
Download (66kB)
14. NIM 1182111033 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (175kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan jenis miskonsepsi yang dialami siswa dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa materi erbandingan dan skala di kelas V SDN 060848 Jalan Saga Nomor 2, Desa/Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Medan Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 060848 Medan Petisah T.A.
2021/2022 berjumlah 19 orang siswa dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan three tier test dan wawancara. Prosedur penelitian pada penelitian ini meliputi 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Analisis Data, dan 4) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
miskonsepsi pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Persentase siswa yang terindikasi mengalami miskonsepsi sebanyak 17%, terindikasi miskonsepsi false positive sebanyak 22%, dan terindikasi miskonsepsi
false negative sebanyak 12%. Penyebab miskonsepsi adalah tidak utuhnya informasi yang diterima siswa dan kurangnya penguatan informasi melalui bimbingan diluar sekolah. Siswa juga memiliki minat dan kemampuan yang kurang terhadap matematika serta penggunaan media belajar yang terbatas dan jarang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Three Tier Test; Perbandingan dan Skala |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 03:54 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55295 |